Landasan Terbang Zaman Prasejarah

Landasan Terbang Zaman Prasejarah. Para ilmuwan menemukan tempat yang diduga dijadikan landasan terbang bagi para reptil zaman prasejarah yang sudah lama punah, pterosaur beach alias pterosaurus pantai. Landasan itu terletak di sebuah laguna di sebelah barat daya Perancis dan diduga sudah digunakan oleh hewan purbakala sejak 140 juta tahun silam.

Dari hasil jejak kaki menandakan bekas tapak pterosaur atau pterodactyloid, reptil prasejarah yang memiliki sayap selebar tiga kaki atau sekitar satu meter. Reptil terbang tersebut menggunakan kuku sebagai penumpu kemudian mengambil langkah bertahap untuk mendarat dan dibantu sedikit lompatan dengan kedua kakinya, dan diakhiri dengan pengereman menggunakan tangannya.

Salah seorang Paleontologi dari Universitas Berkeley, California, Amerika Serikat, Kevin Padian mengatakan tidak ada hewan lain yang membuat jejak berbentuk seperti kaki pterosaurus di dunia saat hendak lepas landas ataupun mendarat.

Faktanya, sambung Padian, pterosaurus memang memiliki kemampuan terbang yang hebat, dimana ia bisa mengontrol kepakan sayapnya. Peneliti di masa mendatang diharap lebih mampu mengungkap jejak yang ditinggalkan reptil terbang tersebut dan dapat memberi penjelasan mengenai cara terbang mahluk prasejarah yang telah lama punah ini. "Terdapat ratusan jejak kaki yang terlihat di perburuan ini," tukas Padian seperti dikutip LiveScience, baru-baru ini.

Namun, pernyataan tersebut mendapat sanggahan dari seorang ahli fosil di Institut Pusat Studi Hewan dan Manusia Purbakala di Beijing, Cina, David Hone. "Pterosaurus seperti burung pada umumnya, berat tubuhnya sangat ringan dan tidak selalu meninggalkan jejak jika dibandingkan dengan sauropod yang seberat 50 ton."

"Jika jejak dari Pterosaurus dapat dilacak, sama halnya dengan melihat jejak di lumpur yang lunak atau pasir. Namun mendapati jejak pendaratan Pterosaurus adalah hal yang menarik," tambah Hone lagi. Ia juga mengatakan jika penemuan para peneliti mengenai jalur pendaratan Pterosaurus sangat meyakinkan [ liputan6 ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya

Apa Keunggulan Ikan Cupang ... ???