Enter your email address:

Fungsi Busi Mengalirkan Energi Listrik


 Fungsi Busi Mengalirkan Energi Listrik. Lebaran sebentar lagi. Adanya tradisi mudik, tak jarang perjalanan jauh hingga ratusan, bahkan ribuan kilometer harus ditempuh.

Bagi Anda yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk mengecek semua fungsi komponen mobil Anda, salah satunya busi.

Fungsi busi yang mengalirkan energi listrik dan mengubah bahan bakar menjadi energi sangat penting bagi mobil Anda. Asupan sumber listrik harus cukup dari sistem pengapian untuk memercikkan listrik antar gap katoda dan anada agar mobil Anda bertenaga.

"Karena itu, bila mobil terasa akselerasinya berkurang, segera cek businya sebelum Anda mudik," kata Bagus Prasetyo, pemilik bengkel mobil Gunung Anyar Motor, Surabaya, kepada VIVAnews melalui sambungan telepon.

Bila busi sudah hitam, Anda harus menggantinya, karena sistem pengapian mobil Anda sudah tidak sempurna. Tapi, bila warnanya coklat Anda cukup membersihkan saja. "Tapi, kalau mau mudik lebih baik diganti. Harganya tidak seberapa tapi fatal," ujarnya.

Selain busi, pemeriksaan rem juga kegiatan yang harus dilakukan. Rem merupakan komponen yang tidak bisa dikompromikan dalam hal perawatan.

Bila kendaraan sudah sedikit tua, alangkah baiknya Anda melakukan pengecekan spooring. Pengecekan kelurusan ban depan dan belakang sangat diperlukan, karena ban yang tidak simetris akan membuat salah satu ban cepat gundul. "Akibatnya ban meletus di jalan," katanya.

Bagus juga menyarankan Anda untuk mengganti oli mesin. Biasanya oli mesin mampu bertahan hingga 3.000 kilometer perjalanan. "Bila sudah 1.500 kilometer, lebih baik diganti," katanya. Sebab, saat mudik mesin bekerja lebih berat. [ vivanews.com ]

Artikel Lain :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar