Sebetulnya Manusia Sudah Memakai Pakaian Semenjak 170 Ribu Tahun Lalu

Sebetulnya Manusia Sudah Memakai Pakaian Semenjak 170 Ribu Tahun Lalu - Sebuah studi di University of Florida menyatakan kalau manusia mulai mengenakan pakaian sekira 170 ribu tahun yang lalu, sebuah teknologi yang membuat mereka bisa sukses bermigrasi keluar Afrika.

David Reed, Associate Curator of Mammals dari Florida Museum of Natural History di kampus UF, mempelajari pola evolusi dan migrasi. Penelitiannya selama lima tahun tersebut menggunakan rangkaian DNA untuk menghitung kapan manusia mulai mengenakan pakaian. Demikian seperti yang dikutip dari Terra Daily, Senin (10/1/2011).

Studi ini yang didanai oleh National Science Foundation ini tersedia online dan ada di edisi cetak bulanan Molecular Biology and Evolution.

"Kita ingin menemukan metode lain untuk menunjuk kapan persisnya manusia mulai mengenakan pakaian," ujar Reed.


http://i.okezone.com/content/2011/01/10/56/412250/sguiJOqgNk.jpg


Data menunjukkan bahwa manusia modern mulai mengenakan pakaian sekira 70 ribu tahun sebelum bermigrasi ke wilayah yang iklimnya lebih dingin, yang bermula sekira 100 ribu tahun silam.

"Because they are so well adapted to clothing, we know that body lice or clothing lice almost certainly didn't exist until clothing came about in humans."

Studi tersebut juga menunjukkan kalau manusia mengenakan pakaian setelah mereka kehilangan rambut tubuh mereka sekira 1 juta tahun silam.

"Ini berarti manusia menghabiskan banyak waktu tanpa rambut di tubuh mereka, juga tanpa pakaian," terang Reed.

"Cukup menarik untuk berpikir bahwa manusia bisa bertahan di Afrika selama ratusan tahun tanpa pakaian dan rambut di tubuh, dan itu sebelum mereka mengenakan pakaian," tambah Reed. ( okezone.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya