Satu lagi misteri lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci terungkap

Satu lagi misteri lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci terungkap. Carla Glori, sejarawan Italia mengklaim latar belakang atau pemandangan di lukisan Mona Lisa adalah Bobbio, sebuah desa di selatan Piacenza, Italia.

Glori yakin pemandangan di lukisan Mona Lisa itu Bobbio dari jembatan yang berkelok-kelok di pundak kiri Mona Lisa. Teori Glori ini juga didasari penemuan sejarawan Silvano Vinceti soal angka 7 dan 3 yang tersembunyi di jembatan batu dalam lukisan tersebut.

Angka 7 dan 2 itu, menurut Glori, memiliki arti 1472, tahun ketika jembatan Bobbio hancur akibat banjir yang menerjang desa tersebut.


http://image.tempointeraktif.com/?id=41277&width=274
Lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci


Sejarah mencatat, jembatan yang dikenal dengan nama Ponte Gobbo atau Ponte Vecchio (jembatan tua), tersapu oleh air yang meluap hebat di sungai Trebia tahun 1472.

"Leonardo kemudian menambahkan angkat 72 di bawah jembatan sebagai tanda dan dia ingin orang mengetahuinya," kata Glori yang mengeluarkan buku, The Leonardo Enigma atau Teka-teki Leonardo, seperti dikutip dari laman Telegraph, kemarin.

Leonardo lahir di Vinci, Tuscany, Italia tapi dia berkeliling selama masa hidupnya, dia bekerja di Venesia, Roma dan Bologna. Leonardo mulai melukis Mona Lisa antara 1503-1504 di Florence, namun tidak selesai sampai setahun kemudian, setelah dia pindah ke Prancis dan bekerja dengan Raja Francois I.

Beberapa sejarawan yakin pemandan di latar lukisan Mona Lisa adalah rekaan atau khayalan Leonardo, namun Glori yakin pemandangan itu adalah sebuah lokasi yang benar-benar nyata.

Lukisan Mona Lisa awalnya disimpan di Istana Versailles, kemudian dipindah ke Museum Louvre, Paris. Lukisan itu resmi punya pemerintah Prancis.

Mona Lisa dipercaya adalah potret Lisa Gherardini, istri dari pedagang sutra dari Florentine. Namun ada juga teori yang menyebut lukisan itu adalah potret diri Leonardo yang diduga seorang gay, dan dia melukiskan sisi lain dirinya dengan wajah mirip perempun dengan senyum misterius.

Selain angka 7 dan 2 di jembatan berkelok-kelok di lukisan ini, Vinceti, presiden Komite Nasional Warisan Budaya Italia, bulan lalu, juga mengklaim menemukan simbol misterius lain di mata Mona Lisa. ( tenpointeraktif.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Dengan Kupu - Kupu, Pemuda Muslim Kejutkan NASA!