Matahari Bercincin Pelangi, Selain Di Bogor, Fenomena Langka Ini, Di Tanjungpandan, Belitung Juga Terlihat Sangat Jelas

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/10/12/1235127620X310.jpg
Halo matahari terlihat di Bandung, Sabtu (31/1/2009). Fenomena yang sama terlihat di Bogor dengan lingkaran lebih lebar, Selasa (12/10/2010).


Matahari Bercincin Pelangi, Selain Di Bogor, Fenomena Langka Ini, Di Tanjungpandan, Belitung Juga Terlihat Sangat Jelas - Warga Bogor, Selasa (12/10/2010) siang, dikagetkan dengan fenomena pelangi mengelilingi Matahari yang biasa disebut halo matahari. Di tengah siang bolong yang terik, langit yang biru cerah tanpa awan tiba-tiba dihiasi lingkaran warna-warni pelangi.

Kontan, fenomena alam yang langka itu pun menjadi perhatian warga. Banyak orang menyempatkan diri mendongakkan kepala ke langit untuk melihatnya. Bahkan, sebagian warga tampak berkerumun untuk menonton bersama di sejumlah sudut Kota Bogor, seperti di depan ruko-ruko, di terminal, dan di pinggir jalan.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono, halo matahari telah tampak di langit Kota Bogor sejak sekitar pukul 09.00. Hingga pukul 12.30 saat berita ini ditulis, peristiwa langka tersebut masih bisa dinikmati. Lingkaran pelangi tampak sangat lebar mengelilingi Matahari.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagimana dilaporkan kompas.com, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.


http://www.tribunnews.com/foto/bank/images/Matahari-Cincin.jpg


Selain itu Fenoemana Matahari Cincin, Selain Di Bogor, Di Tanjungpandan, Belitung Juga Terlihat Sangat Jelas - tribunnews.com melaporkan bahwa fenomena alam di langit Tanjungpandan, Belitung, siang mengundang perhatian warga. Matahari dikelilingi lingkaran besar menyerupai cincin. Fenomena alam berlangsung sekitar setengah jam antara pukul 10.30 hingga pukul 10.55 WIB.

Sinar matahai tidak begitu menyengat. Sekitar matahari tampak awan kehitam-hitaman. Lalu dikelilingi cahaya dengan warna seperti pelangi. "Sudah sering terjadi seperti itu. Saya sudah tiga kali melihat matahari bercincin di sini," kata Teja Pramana warga Tanjungpan.

Pemandangan berbeda ini juga terlihat di langit Tanjungpandan, Sabtu (17/4/2010). Fenomena yang oleh para ahli disebut efek halo ini terjadi pada siang hari. Lingkaran yang mengelilingi matahari itu berwarna-warni seperti pelangi. Meski tak terbentuk sempurna. Efek halo pada matahari terjadi saat cuaca cerah.

Tak tampak ada awan mendung di sekitar matahari itu. Yang terlihat hanyalah gumpalan awan seputih kapas dan awan tipis berwarna putih seperti sedang tersapu angin. Langit pun berwarna biru cerah.

Banyak masyarakat yang ikut menyaksikan fenomena alam itu. Mereka mengabadikannya dengan kamera digital. "Saya baru kali ini melihat langusng matahari bercincin," ujar Fenny fotografer sebuah harian di Bangka yang datang ke Tanjungpandan dalam rangka Sail Indonesia 2010.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya