My Pulau, Situs Jejaring Sosial Integratif

My Pulau, Situs Jejaring Sosial Integratif. Pertumbuhan yang cepat layanan jejaring sosial di Indonesia, rupanya mendorong Telkomsel melakukan serangkaian perubahan pada layanan jejaring sosial yang telah dirintisnya. Sabtu (14/11) pekan lalu, Telkomsel memperkenalkan aneka konten baru pada My Pulau ke komunitas online dan wartawan di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu.

My Pulau, merupakan ayanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dan berinteraksi dengan komunitasnya yang dilengkapi dengan berbagai fitur unik yang menarik, seperti: Social Status Integrator, My Interests, dan My Buys. Layanan yang diperkenalkan sejak November 2007 ini telah memiliki sekitar 1 juta anggota.


My Pulau, Situs Jejaring Sosial Integratif
TELKOMSEL

Relaunching My Pulau di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu

VP Product Marketing Telkomsel Mark Chambers menyatakan bahwa kebutuhan untuk mengakses situs jejaring sosial sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masa kini. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jumlah pengguna situs jejaring sosial yang semakin pesat.

Salah satu buktinya, kata Mark, adalah pengguna situs jejaring sosial paling populer saat ini Facebook yang kini telah mencapai lebih dari 11 juta pengguna di Indonesia atau meningkat sekitar 13 kali lipat dari akhir tahun 2008 yang hanya 800.000.

“Seiring dengan tingginya kebutuhan akan layanan jejaring sosial, kami menghadirkan inovasi layanan yang kami beri nama My Pulau, di mana layanan ini kami harapkan dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut, sehingga pelanggan dapat semakin nyaman menikmati komunikasi serta berinteraksi dengan komunitasnya melalui one stop social networking online portal ini,” tambah Mark.

Mengantisipasi kebutuhan pelanggan, Telkomsel yang menggandeng Acces Mobile, Taiwan untuk pengembangan My Pulau, menyediakan serangkaian fitur baru. Salah satu diantaranya adalah integrasri situs jejaring sosial seperti facebook dan friendster. Dengan integrasi ini, pelanggan bisa menikmati layanan seperti facebook langsung dari My Pulau. Telkomsel tengah memperluas integrasi layanan jejaring sosial lainnya.

Mark sendiri mengaku bangga bisa menghadirkan MyPulau. “My Pulau merupakan inovasi layanan jejaring sosial hasil karya anak bangsa sendiri dan diciptakan khusus untuk orang Indonesia sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Upaya kami dalam menghadirkan layanan ini tentunya sejalan dengan imbauan pemerintah untuk mengoptimalkan konten lokal dalam menghasilkan suatu layanan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Mark.

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan Telkomsel bisa melakukan registrasi melalui SMS ke 7700, menggunakan user menu browser *697# dari ponselnya, atau mendaftar melalui portal www.mypulau.com. Sebagaimana layanan jejaring sosial yang lain, melalui mypulau pelanggan bisa meng-upload blog, meng-update status, memperoleh informasi terkini, dan sebagainya.

Terdaoat tiga fitur utama dalam layanan ini yakni, Social Status Integrator memungkinkan pengguna meng-update statusnya di My Pulau dan secara otomatis status tersebut juga muncul di account Facebook dan Friendster miliknya.

Kemudian Fftur My Interests, pengguna dapat bergabung dengan berbagai macam komunitas, seperti: Indonesia Photographer Organization, Bike To Work, komunitas otomotif, komunitas kolektor mainan (Tomoci), komunitas gadget (IDBerry), serta komunitas komik dan penulis. Dengan menjadi anggota komunitas, pengguna akan memperoleh info terkini mengenai aktivitas komunitas dan terlibat langsung dalam aktivitas tersebut.

Serta Fitur My Buys, di mana pengguna dapat menikmati berbagai konten keren My Pulau, seperti: Truetone, Picture Message, Operator Logo, Wallpaper, Screen Saver, Games, dan Theme. Pelanggan akan dikenakan Rp 3.000 sampai dengan Rp 10.000 untuk setiap konten yang diunduh.

Selain fitur-fitur tersebut, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur My Profile (menampilkan profil unik pengguna), My Friends (menambah jaringan pertemanan), My Groups (menciptakan komunitas pertemanan sendiri), My Photos (koleksi foto), My Video (koleksi video), My Calendar (menyusun jadwal dan agenda), My Blog (menulis blog), dan My Messages (mengirim pesan ke teman).

My Pulau juga menampilkan fitur-fitur lainnya, seperti: Member’s Island (memperlihatkan status pengguna beserta 10 friends, 10 interests, dan 10 buys terbaru), News (berita terkini yang di-update pengguna), Status Update Feed (status terbaru pengguna dana teman-temannya), Mood Theme (keadaan emosi pengguna dalam bentuk simbol cuaca), Chatting, Notification (informasi terbaru tentang akun pengguna), Language Options (opsi bahasa Indonesia atau Inggris), Infotext (layanan SMS berlangganan), dan Latest Info (berita terbaru serta media promosi mitra komersil di My Pulau). [ republika.co.id ]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya