Pemunculan Lubang Besar Misterius di Jalan Tol, Telan 2 Mobil

Pemunculan Lubang Misterius di Jalan Tol, Telan 2 Mobil - Insiden tak terduga terjadi di jalan tol U.S. 89 di Page, Arizona, Amerika Serikat, Rabu (20/2/2013) lalu. Lubang tiba-tiba muncul di bentangan aspal yang mulus, membelah jalan menjadi dua bagian.

Akibat peristiwa tersebut, Departemen Transportasi Arizona terpaksa menutup jalan tol, di kedua arah sekaligus. Membuat para pengguna jalan harus memutar balik atau menggunakan jalan alternatif.

http://static.liputan6.com/201302/jalan-ambles130221c.jpg

U.S. 89 adalah jalan utama yang menghubungkan Page ke Flagstaff dan Valley. Lebih dari 120 kaki atau 36,5 meter badan jalan ambrol sedalam 4 kaki atau 1,2 meter. Petugas Departemen Transportasi, Dustin Krugel mengatakan titik kerusakan berada di selatan Page, Navajo Nation.

Mengapa lubang tiba-tiba terbentuk hingga membelah jalan, masih misterius. "Mungkin akibat kondisi geologis, namun, masih terlalu awal untuk menentukan penyebabnya," kata Krugel seperti dimuat situs AZ Central (21/2/2013).

Setidaknya satu insiden kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan dilaporkan terjadi akibat lubang tersebut. Dua mobil "tertelan", untung tak ada korban jiwa.

Salah satu pengemudi, Leland Yellowhorse, yang bekerja di sekitar U.S 89 mengaku harus menempuh perjalanan dua jam menuju lokasi kerjanya. Lewat jalan memutar. Padahal sebelumnya tak selama itu.

Yellowhorse yang kerap melewati jalan tersebut tak menemui keanehan. Tiba-tiba saja jalan itu ambrol. "Aku sama sekali tak mengira bakal jadi membahayakan seperti ini," kata dia. "Aku baru tahu sekarang."

Dahsyatnya Sinkhole di Guatemala

Meski belum diketahui pasti penyebabnya, lubang itu diduga sebagai sinkhole alias lubang runtuhan.

Sinkholes adalah depresi alami atau lubang pada tanah yang terbentuk tiba-tiba. Lubang ini diakibatkan tekanan terhadap permukaan tanah yang terjadi ketika sebuah lapisan bawah tanah melemah dan tak mampu menopang struktur lapisan di atasnya.

Salah satu yang paling terkenal adalah yang terbentuk di Guatemala tahun 2010 lalu. Lebarnya mencapai 18 meter, sementara kedalamannya diperkirakan lebih dari 30 meter. Luar biasa! Sebuah bangunan 3 lantai dan sejumlah rumah tertelan.

Badai tropis Agatha diduga jadi penyebab terbentuknya lubang raksasa itu. Namun, dugaan lain mengarah pada kesalahan manusia: pipa yang bocor menahun dan akhirnya meledak. Juga akibat pembangunan yang tak berwawasan lingkungan, ditambah lagi Guatemala City dibangun di atas lapisan batu apung yang diendapkan oleh letusan gunung berapi masa lalu.

Insiden mengerikan juga dialami Inocenta Hernandez (65), warga Guatemala. Seperti dimuat Guardian, suatu hari di tahun 2011 lalu, ia mendengar suara ledakan, yang dikira ledakan gas di rumah tetangga atau tabrakan mobil di jalan.

Ternyata suara itu berasal dari rumahnya. Tepat di bawah tempat tidurnya terbentuk lubang sedalam 12,2 meter dengan diameter 80 cm.

Namun yang terparah terjadi di Guatemala pada tahun 2007. Lubang sedalam 150 meter, dengan lebar 20 meter menelan sejumlah rumah dan truk. Tiga orang tewas saat itu. ( liputan6.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya