Menguji Kemampuan Mega Bersaing ...???

Menguji Kemampuan Mega Bersaing ...??? - Mega memang boleh mengklaim sudah mendapat satu juta pengguna sehari setelah peluncurannya. Namun, akankah layanan penyimpanan file berbasis cloud ini mampu menyaingi pendahulunya, Megaupload?

Angka satu juta pengguna dalam sehari memang fantastis bagi layanan yang baru diluncurkan ini. Namun, jika dibandingkan dengan Megaupload yang memiliki 180 juta pengguna ketika beroperasi, angka pengguna yang dimiliki Mega masih belum ada apa-apanya.

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/22/141613/540x270/mampukah-mega-bersaing-di-layanan-cloud-storage.jpg

Memang bisa saja angka satu juta pengguna ini terus bertambah ke depannya. Hanya saja, Kim Dotcom, sang pendiri Mega, juga harus menyadari bahwa layanan miliknya bukanlah satu-satunya yang ada di dunia ini.

Tercatat ada beberapa layanan serupa seperti Google Drive, Dropbox, Skydrive, maupun iCloud yang telah mengudara sebelumnya. Jadi, jika Mega tidak pandai-pandai dalam bersaing di segmen layanan ini, bisa jadi Mega akan terkubur di bawah bayang-bayang pesaingnya.

Meski begitu, Mega masih memiliki kesempatan untuk bersaing dari Google Drive,Skydrive, Dropbox, maupun iCloud. Forbes (21/1), mencatat ada tiga hal yang menjadi keunggulan Mega jika dibandingkan dengan layanan serupa.

Yang pertama adalah besarnya kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh Mega. Jika layanan lain hanya menggratiskan data tersimpan 7 hingga 10 GB, maka Mega bisa dibilang masih lebih dermawan. Mega sendiri menyediakan kapasitas penyimpanan gratis hingga 50 GB kepada pengguna yang tidak ingin membayar.

Yang kedua adalah nama besar yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, Megaupload. Dulu, sebelum Megaupload ditutup, layanan ini merupakan pilihan utama bagi mereka yang ingin menyimpan data-datanya di dunia maya. Dipastikan pengguna yang dulu sudah menggunakan layanan Megaupload akan kembali menggunakan layanan baru ini. Namun, mega sendiri juga harus bisa memastikan bahwa layanannya tidak akan ditutup seperti Megaupload nantinya.

Keunggulan terakhir yang tidak dimiliki pesaing Mega adalah keamanan datanya. Jika layanan lain masih memegang kunci enkripsi keamanan para pengguna, maka hal ini sedikit berbeda dengan yang ditawarkan oleh Mega. Mega menjamin bahwa keamanan data para pengguna sepenuhnya dipegang oleh pengguna itu sendiri. Berbeda dengan layanan lain, Mega tidak akan memegang kunci keamanan para penggunanya.

Ketiga hal tersebut memang bisa dijadikan senjata oleh Mega dalam bersaing di layanan penyimpanan berbasis cloud. Namun, mereka juga harus melakukan upaya ekstra agar nantinya para pengguna layanan serupa mau beralih ke Mega. ( merdeka.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya