Kekuatan Topan Narelle di Australia Barat Naik Jadi Kategori Empat

Kekuatan Topan Narelle di Australia Barat Naik Jadi Kategori Empat - Topan Tropis Narelle telah bertambah kuat dan menjadi kategori empat saat mendekati pantai bagian utara Australia Barat, demikian peringatan Biro Meteorologi Austrlaia, Jumat.


Badan cuaca nasional itu mengatakan peringatan topan terus dikeluarkan buat daerah pantai Australia Barat dari Whim Creek sampai Coral Bay, termasuk Karratha, Dampier, Onslow dan Exmouth.

Hingga pukul 05.00 waktu setempat Jumat, Topan Narelle dengan kategori empat diperkirakan berada 535 kilometer di sebelah utara Exmouth dan 505 kilometer sebelah barat-laut Karratha. Topan tersebut bergerak ke arah barat-daya dengan kecepatan 15 kilometer per jam, kata Biro Meteorologi.

Topan dan angin berkecapatan hingga 100 kilometer per jam diperkirakan terbentuk di daerah pantai antara Whim Creek dan Exmouth pada Jumat sore, kata Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat pagi. Lalu topan itu bergerak ke selatan menuju Coral Bay pada Sabtu pagu, kata Biro tersebut.

Warga di Pantai Pilbara diperingatkan agar bersiap menghadapi terjangan angin yang mungkin menghancurkan dengan kecepatan lebih dari 130 kilometer per jam pada Sabtu malam.

Perusahaan pertambangan di Australia Barat sudah bereaksi terhadap peringatan topan. Pelabuhan bijih besi di Cape Lambert dan Dampier dijadwalkan tutup, dan Apache juga menutup ladang minyak Staf serta Van Gogh pada Kamis, demikian laporan Australian Associated Press (AAP).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Dengan Kupu - Kupu, Pemuda Muslim Kejutkan NASA!