Badai Sandy dan Global Warming

Badai Sandy dan Global Warming - Menurut badan meteorologi Amerika Serikat, badai Sandy yang menghajar kawasan timur Amerika Serikat ini dikarenakan pada bulan Oktober ini adalah bulan badai. Namun, beberapa peneliti mengungkapkan sebab lain kenapa badai Sandy muncul.

Ada beberapa peneliti yang mengungkapkan bahwa salah satu penyebab munculnya badai Sandy dikarenakan bulan purnama. Namun, pendapat lain mengatakan bahwa badai tersebut disebabkan oleh perubahan iklim yang ekstrem yang dilahirkan karena munculnya Global Warming.

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/11/01/109852/540x270/peneliti-badai-sandy-itu-ulah-manusia-sendiri.jpg

Banyak yang tidak sependapat dengan pemikiran bahwa Global Warming dan perubahan suhu ekstrem mengakibatkan badai Sandy. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa pemberitaan di media yang mengatakan hal tersebut adalah hoax.

Seperti lansiran di Huffington Post (30/10), peneliti menjelaskan bahwa keterkaitan badai Sandy dengan Global Warming adalah sangat dekat. Global Warming dan badai Sandy adalah sesuatu yang disebut systemic causation.

Apa itu systemic causation? Systemic Causation adalah sesuatu yang secara sistematis akan terjadi dikarenakan akumulasi kejadian atau perbuatan. Hal ini juga membutuhkan beberapa kondisi khusus. Unsur probabilitas serta mekanisme feedback juga berpengaruh terhadap lahirnya systemic causation.

Contoh dari systemic causation adalah merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, seks bebas dapat menyebabkan HIV/AIDS, mengendarai mobil dengan mabuk akan menyebabkan kecelakaan atau lainnya.

Kebalikan dari systemic causation adalah direct causation. Contoh dari direct causation adalah memukul orang, memecahkan kaca dengan batu, minum air atau sejenisnya.

Dikarenakan Global Warming atau pemanasan suhu secara global yang semakin menjadi akhir-akhir ini, maka suhu dan temperatur di teluk Meksiko dan sekitarnya, perairan bagian timur Amerika Serikat dan hampir di semua Samudra Atlantis menjadi naik.

Karena suhu dan temperatur air naik, maka energi yang dapat melahirkan badai juga terbentuk. Badai dapat terbentuk di perairan yang hangat airnya. Apabila suhu dari energi yang hangat tersebut berkumpul maka uap air dan energi dalam jumlah besar juga akan tercipta. Ditambah dengan unsur angin di tempat tersebut, maka lahirlah apa yang disebut badai.

Lahirnya badai diperkirakan salah satunya disebabkan oleh Global Warming. Ironisnya,
pemanasan global ini muncul karena ulah manusia. So, dapat dibilang bahwa karena ulah manusia kembali ke manusia lagi. Cintai alam dan alam akan mencintai Anda.Stop Global Warming! ( merdeka.com )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Ada Spesies Kadal Aneh Jadi Menu Masakan Di Restoran Vietnam