Aksi Cyber Crime Semakin Hari Semakin Semakin Canggih dan Semakin Agresif

Aksi Cyber Crime Semakin Hari Semakin Semakin Canggih dan Semakin Agresif -  Aksi serangan cyber crime dari hari ke hari bukannya semakin berkurang, tapi semakin bertambah, makin canggih dan makin agresif mencari sasaran.

Jika kita gemar berinteraksi di social media di Internet seperti menggunakan Facebook atau sejenisnya, serangan cyber crime lebih mudah lagi untuk masuk dan merusak data di akunkita. Email diyakini menjadi pintu gerbang masuknya serangan cyber crime tersebut.

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/facebook_email2345.jpg

Rita Nurtika, Consumer Sales Manager Symantec Indonesia dalam paparan di Jakarta, Rabu (14/11/2012) mengatakan, serangan cyber crime bisa masuk melalui akun email kita.

Jika email kita terdeteksi oleh pelaku cyber crime, maka data terkait dengan email kita bisa mereka tracking. Misalnya, akun kita di jejaring sosial dan sebagainya. "Banyak celah yang bisa diambil pelaku cyber crime dari email, misalnya foto-foto kita di jejaring sosial. Makin banyak dan makin sering kita membuka internet dan berselancar di social media, potensi serangan cyber crime jadi semakin banyak. Jadi, sebaiknya email itu dijaga banget," saran dia.

Untuk menjaga agar email kita tak dibobol pelaku cyber crime, ada beberapa tips yang bisa dilakukan: Di antaranya, gunakan password dengan kombinasi kata yang kuat. Hindari menggunakan tanggal lahir, nama saudara, nomor PIN sebagai password di email.

Gunakan password yang unik dan kuat. Juga, kita harus yakin data-data yang kita upload di social media hanya bisa diakses oleh orang-orang yang kita kenal dengan baik. User disarankan selalu melakukan pengecekan atas kartu kredit dan bank statements-nya secara reguler.

Jangan mengeklik link sembarangan di social media yang Anda tak yakin link tersebut aman. Hindari masuk ke konten yang bersifat dubious. Lebih bagus lagi jika user menggunakan program antivirus yang selalu update.

Menurut Rita, serangan cyber crime belakangan ini juga mulai menyergap mereka pengguna smartphone. Erwin Yovianto, Business Manager Astrindo Starvision mengatakan, Norton menawarkan program antivirus untuk kalangan pengguna konsumer yang biasa menggunakan internet untuk berinteraksi di jejaring sosial, Norton 360 Multi Device.

Yang menarik dari antivirus ini, dia bisa diinstal pada beragam jenis platform, mulai dari Windows 8, sampai Android. Antivirus ini bisa diinstal pada perangkat PC maupun tablet dan mobile phone. Proses instalasinya juga terbilang mudah dan cepat.

Untuk perangkat berbasis PC dan Mac, proses intalasi bisa dilakukan dengan satu CD saja.
Sementara, untuk pengguna smartphone Android, pengguna akan mendapatkan QR code yang bisa di-link ke Android Market.

Rita menjelaskan, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang sudah terinstal antivirus Norton 360 Multi Device, data-data yang tersimpan di dalamnya akan aman dari kemungkinan pencurian atau penyalahgunaan oleh orang yang tidak berhak, termasuk ketika perangkat tablet atau smartphone tersebut hilang tercuri atau ketinggalan. "Program dari Norton akan langsung melakukan penguncian terhadap data-data yang tersimpan di dalam perangkat," kata Rita. ( tribunnews.com )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya