Wow ... Sampai Sekarang Kapsul Waktu Steve Jobs Belum Ditemukan

Wow ... Sampai Sekarang Kapsul Waktu Steve Jobs Belum Ditemukan  - Setelah pidato fenomenal Steve Jobs pada 1983 mengenai masa depan produk dan layanan digital ditemukan pekan ini, para pemerhati digital mencari satu hal lagi.

Pada acara konferensi desain di Aspen, Colorado, Amerika Serikat, 29 tahun lalu itu, Steve Jobs memberikan sebuah kenang-kenangan kepada panitia untuk dikuburkan bersama beberapa produk digital lainnya.

http://l2.yimg.com/bt/api/res/1.2/G9fAChMrNIekwmTjRo7u4w--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD0yMjk7cT04NTt3PTQwMA--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/tempo/92881.jpg

Jobs, yang meninggal karena kanker pada Oktober tahun lalu, menyerahkan piranti tetikus kepada panitia untuk dimasukkan ke dalam tabung waktu. Rencananya tabung ini bakal digali kembali pada 2000 lalu. Namun, sepuluh tahun berlalu, acara penggalian itu tak kunjung dilakukan.

Salah satu alasannya adalah karena para pemerhati digital tidak mengetahui jika salah satu benda berharga di dalam tabung itu adalah "artefak" peninggalan Jobs.

Menurut blogger Marcel Brown, kapsul waktu itu dinamai Aspen Time Tube. Tabung itu memiliki panjang sekitar lima meter dan berdiameter sekitar 40 sentimeter dengan corak enam titik putih besar berdiameter 15 sentimeter tercapit.

Isinya berupa satu eksemplar majalah Vogue 1983, Rubik Cube, rekaman Moody Blues delapan track dan enam botol minuman yang disediakan bagi penggali kapsul yang bakal kehausan.

Namun, ternyata ada satu benda lagi, yaitu piranti tetikus dari komputer Lisa yang digunakan Jobs untuk presentasi pidatonya yang memprediksikan masa depan secara akurat. Menurut blogger Brown, seorang kenalannya, John Celuch, mengatakan bahwa dia meminta Jobs untuk ikut memberikan satu kenang-kenangan untuk dimasukkan ke dalam tabung.

"Jobs sejenak berpikir lalu dia mencopot kabel tetikus dari komputer Lisa," kata Brown menceritakan penjelasan Celuch. Menurut Brown, Celuch sempat merasa geli melihat cara Jobs menyerahkan tetikus itu dengan cara memegang kabelnya, seperti seseorang memegang ekor tikus.

Kapsul itu lantas dikuburkan seusai konferensi. Menurut seorang arsitek di wilayah Aspen, Harry Teague, dia mengenal wilayah itu dengan baik dan mau membantu mencarikan.

Masalahnya adalah lokasi tanah itu telah ditempati penduduk. Ini artinya tim perlu mencari tahu lokasi kuburan tabung secara persis sebelum mulai membongkar. Brown berharap pada tahun depan lokasinya sudah bisa ditemukan sehingga bisa merayakan momen 30 tahun tabung itu dikubur. ( tempo.co )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya