Setelah Ditunggu Seratus Tahun Lebih, Akhirnya Badak Sumatera Ini Melahirkan Juga

Setelah Ditunggu Seratus Tahun Lebih, Akhirnya Badak Sumatera Ini Melahirkan Juga -- Setelah ratusan tahun ditunggu-tunggu masyarakat dunia, Ratu, induk betina badak Sumatera bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis) dilaporkan telah melahirkan seekor anak badak jantan pada Sabtu (23/6) dini hari. Ratu melahirkan di penangkaran Taman Nasional Way Kambas Kabupaten Lampung Timur,


http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/badak-sumatera-_120524181948-254.jpg


Informasi yang diperoleh menyebutkan, induk badak itu, Ratu, memang sudah hamil 15-16 bulan dan pada Sabtu sekitar pukul 01.00 WIB berhasil melahirkan seekor bayi badak jantan dalam kondisi sehat. Usai melahirkan, Ratu sendiri dalam kondisi sehat.

Kini keduanya dalam pengawasan sangat ketat untuk menjaga kondisi satwa langka itu tetap terjaga. Namun, informasi secara resmi belum dikeluarkan oleh Yayasan Badak Indonesia (YABI), pihak Kementerian Kehutanan maupun Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) serta pengelola SRS TNWK, tentang kelahiran badak yang sangat ditunggu-tunggu .

Peristiwa ini catatan sejarah tersendiri di dunia. Pasalnya, dalam 120 tahun terakhir belum ada keberhasilan kelahiran badak secara alamiah di habitat alaminya di dunia ini.

Populasi badak Sumatera yang ada di alam saat ini kian menurun, jumlahnya diperkirakan hanya tersisa sekitar 200 ekor. Sedangkan yang ada di luar habitat alaminya hanya tersisa 10 ekor (empat di SRS TNWK, tiga di Sabah Malaysia, dan tiga ekor di Amerika Serikat).

SRS TNWK berdiri sejak tahun 1998 merupakan tempat penangkaran badak Sumatera untuk upaya melindungi kelestarian populasi badak Sumatera di dunia. Terdapat empat ekor badak di penangkaran ini, satu ekor jantan yang didatangkan dari Amerika Serikat (badak "Andalas"), dan tiga ekor betina (Bina, Ratu, dan Rosa). ( republika.co.id )

Blog : Berita Tekhnologi |

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya