Otak perempuan merupakan "mesin belajar yang menakjubkan"

Otak perempuan merupakan "mesin belajar yang menakjubkan" yang mengendalikan kehidupan perempuan sejak lahir hingga melahirkan dan seterusnya, kata dr. Louann Brizendine, ahli saraf dan penulis The Female Brain.

Berikut adalah beberapa penemuannya yang mengungkapkan keunikan otak perempuan, juga beberapa perubahan menarik yang terjadi di otak sepanjang hidup perempuan:


http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/spaw/uploads/images/article/image/2008_12_15_02_31_13_female-barain-det.jpg


Pembentukan otak perempuan

  1. Sampai berumur 8 minggu setiap otak adalah otak perempuan. Pada laki-laki, pelepasan testosteron dalam jumlah besar menghantam dan membunuh sel-sel di pusat komunikasi, dan menumbuhkan lebih banyak sel di pusat seks dan sifat agresif.
  2. Pada perempuan, jumlah estrogen yang besar membanjiri otak dan menguatkan sirkuit dan pusat observasi, komunikasi, perasaan-perasaan penting serta kepedulian.

Otak gadis remaja

  1. Selama masa pubertas, tujuan utama seorang gadis (dari cara pandang biologis) adalah menjadi menarik secara seksual dan penampilan.
  2. Para gadis remaja berbicara 2-3 kali lebih banyak setiap harinya daripada laki-laki seumurannya dan berbicara lebih cepat. Berbicara mengaktifkan pusat rasa senang di otak gadis remaja, kata dr. Brizendine.

Otak ibu

Otak menciut selama masa kehamilan, otak tidak kehilangan sel-sel tetapi mengubah metabolisme dan pembentukan kembali. Kemudian pada satu atau dua minggu terakhir, otak kembali membesar dan membentuk sirkuit maternal. Otak tidak akan kembali ke ukuran sebenarnya sampai 6 bulan setelah melahirkan.

"Kami tidak tahu apa yang dilakukan otak tetapi kami kira hal ini berhubungan dengan pembangunan kembali sirkuit otak ibu, tapi mungkin juga membiarkan janin makan dari otak ibu," kata dr. Brizendine.


Otak perempuan yang beranjak tua


  1. Otak ibu lepas
  2. Menopause berarti berhentinya hormon-hormon yang biasanya berfungsi menguatkan sirkuit komunikasi, emosi, kepedulian, serta keinginan menghindari konflik.
  3. Lebih dari 65% perceraian di atas umur 50 tahun dipicu oleh perempuan. dr. Brizendine menyebut ini sebagai "semangat post-menopause"."Mereka menginginkan giliran, mereka ingin pergi dan melakukan hal-hal yang mereka kehendaki dan melangkah lebih independen, mereka tidak ingin dilindungi oleh siapa pun lagi," katanya.

Seks dan emosi

  1. Hasrat seks perempuan menyala seiring dengan padamnya otak: orgasme hanya bisa dicapai ketika amygdala (pusat rasa takut dan kecemasan) padam."Sirkuit rasa cemas pada otak perempuan harus padam agar bisa mencapai orgasme," jels dr. Brizendine.
  2. Bagi perempuan, pemanasan adalah segala sesuatu yang terjadi dalam 24 jam sebelum berhubungan intim."Perempuan perlu merasa nyaman dan mencintai serta mempunyai hubungan yang baik dengan pasangan, dengan begitu akan mengurangi keaktifan amygdala terhadap sesuatu yang berbahaya dan menakutkan," kata dr. Brizendin.
  3. Perempuan menangis 4 kali lebih mudah daripada laki-laki."Sikap diam-diam bukanlah cara perempuan mendapatkan perhatian laki-laki," kata dr. Brizendin."Menangis adalah cara mendapatkan perhatian laki-laki, hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dan sesuatu yang membuat Anda sedih. ( mediaindonesia.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya