Melacak Jejak Moyang Obama Di Irlandia

Melacak Jejak Moyang Obama Di Irlandia — Desa kecil di satu pulau kecil mendapatkan ketenaran selama 15 menit pada Senin (23/5/2011). Kala itu, Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama tiba menggunakan helikopter, kemudian berada di dalam rombongan berkendaraan antipeluru untuk mengunjungi Moneygall di Offaly County, bagian tengah Irlandia.

Desa tersebut mulai membenahi diri untuk saat bersejarah itu beberapa bulan lalu, ketika Obama mengumumkan saat St Patrick’s Day pada Maret tahun ini bahwa ia akan berkunjung ke Irlandia pada bulan Mei.

Lebih dari 100 tiang bendera dipancangkan, dan 50 bendera tiga-warna Irlandia dikibarkan berdampingan dengan 50 bendera bintang-garis. Pemilik pabrik cat menyumbangkan produksi mereka untuk membantu warga kota kecil itu menyegarkan lagi setiap bangunan di sepanjang jalan lintas utama.

Pasangan Kepala Negara dan Ibu Negara AS tersebut disambut oleh sebanyak 3.000 orang yang berdiri di balik garis keamanan saat rombongan mereka tiba. Demikian laporan wartawan kantor berita Xinhua, Yvonne Kennedy.


http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/05/02/1114521p.jpg
Presiden AS, Barack Obama


Di tengah terpaan angin keras dan guyuran hujan lebat, pasangan orang nomor satu di Amerika itu berjabat tangan, mengusap bayi, dan berpose untuk pengambilan gambar, sementara puluhan petugas keamanan rahasia menyaksikan peristiwa itu.

Mereka bercakap-cakap dengan masyarakat setempat selama hampir setengah jam sebelum memasuki rumah yang kini berdiri di lokasi yang dulu menjadi tempat tinggal nenek moyang Obama untuk menghindari guyuran hujan.

Sebelum tiba saatnya menjadi sorotan media internasional, Moneygall hanyalah desa kecil yang tak banyak dikenal di perbatasan Tipperary dan kabupaten Offaly, dengan hanya satu sekolah, lima toko, dan dua kedai minum.

Selama kampanye kepresidenan Obama pada 2008, ahli genealogi menemukan bahwa desa tersebut adalah tempat tinggal leluhur Obama, kakek dari kakeknya dari pihak ibu, seorang pembuat sepatu yang bernama Falmouth Keraney.

Kunjungan Obama ke desa nenek moyangnya menjadi sorotan dari kunjungan singkatnya, selama kurang dari 12 jam, ke Irlandia.

Gedung Putih telah menyatakan bahwa tujuan kunjung itu untuk menyoroti "hubungan dekat yang kuat" di antara kedua negara. Staf Obama juga telah menyampaikan bahwa Obama ingin kunjungan ke Moneygall untuk membina hubungan dengan rakyat dan bukan dengan pejabat atau anggota VIP.

Citra tersebut, mengenai tindakan Obama berkumpul kembali dengan sepupu jauhnya di Irlandia di satu tempat minum di Moneygall, tempat mereka berada cukup lama untuk mendapat suguhan Guinness, memberi gambaran sempurna mengenai hubungan dekat itu.

"Saya kali pertama menerima ini di Bandar Udara Shannon dalam perjalanan ke Afganistan," Obama berkelakar setelah menerima minuman penghormatan pertama Irlandia.

"Enak dan jauh lebih baik dibandingkan dengan Guinness di Amerika Serikat. Saat itulah saya menyadari kalian semua menyimpan barang terbaik di rumah," katanya.

Obama termasuk di antara beberapa presiden AS yang memiliki leluhur Irlandia, termasuk John F Kennedy, Ronald Reagan, Bill Clinton, dan keluarga Bush. Kunjungannya ke desa tersebut tampaknya akan membuat senang pendatang Irlandia di negerinya, dan membantu upayanya untuk terpilih lagi pada 2012.

Kendati dikenal sebagai presiden pertama Amerika-Afrika, Obama tak dibesarkan oleh ayahnya, yang berasal dari Kenya. Kebanyakan hidupnya sangat dipengaruhi oleh neneknya dari pihak ibu, yang berakar dari Kaukasia, Madelyn Lee Payne Dunham dan Stanley Armour Dunham (cucu Kearney). Mereka telah membesarkan Obama sejak ia berusia 10 tahun.

"Obama memperlihatkan perubahan konsep tentang memiliki asal-usul Irlandia," kata wartawan Mark Little. "Ia adalah diaspora baru. Orang bisa memiliki nama seperti Barack Hussein Obama dan tetap memiliki asal-usul Irlandia." ( kompas.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Ada Spesies Kadal Aneh Jadi Menu Masakan Di Restoran Vietnam