Dari M-Pegadaian Hingga Facebook Kunjungan Wisata

Dari M-Pegadaian Hingga Facebook Kunjungan Wisata - Layanan pesan singkat (short messaging services) makin populer saja. Ketika PT Aplika Lintasarta menantang kalangan muda menuangkan ide-ide kreatif berupa aplikasi, berbagai solusi unik dan bisa dimanfaatkan bagi kehidupan keseharian ditawarkan.

Dari sebelas finalis yang akan maju dalam grand final, tercatat paling tidak ada empat finalis yang mengusung aplikasi pesan singkat. Padahal pada ajang Creative Solutions Award (CSA), terdapat empat thema yakni layanan public (public service), industri keuangan, industri retail dan pendidikan.

Aplikasi SMS yang ditawarkan adalah SMS Kunci Ganda Sebagai Langkah Pengamanan Pengambilan yang Melampaui Limit Harian di ATM dan M-Pegadaian. Selanjutnya SMS Corporate: Kirim Uang dengan Pos Wesel Instan serta, Cek Kelayakan Makanan & Obat via SMS.

Persentuhan kalangan peserta dengan internet dan jejaring social, rupanya juga mempengaruhi pemikiran mereka. Ide berbasis portal dan situs jejaring sosial muncul. Salah satu peserta, misalnya, mengusulkan implementasi smart card untuk meramaikan Facebook account Visit Indonesia, suatu ide sederhana yang perlu segera direspon Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Dari aspek portal muncul berbagai ide, antara lain portal yang menghubungkan kampus dan pelaku usaha (bisnis) untuk kepentingan funding penelitian, portal khusus untuk para produsen kecil, portal KUMA (Kurikulum Bersama) sebagai dasar UAN & standardisasi pendidikan di Indonesia, serta perpustakaan Online.

CSA sendiri menurut Direktur Utama PT Aplika Lintasarta, Noor SDK Devi didedikasikan sebagai wadah untuk menampung ide-idea sekaligus memberikan penghargaan atas kreativitas pesertanya. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertantang untuk berkreatifitas dan berani mengemukakan ide-idenya.

Dari sisi respon, Lintasarta berhasil menginisiasi lahirnya ide-ide kreatif. Dalam setiap periode tercatat ada ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Memperhatikan karya-karya terpilih, seorang anggota dewan yuri mengungkapkan bahwa Ide-ide yang mereka kemukakan sebenarnya cukup sederhana, dengan memanfaatkan layanan SMS yang jangkauannya luas, mereka mampu mencetuskan suatu sistem yang praktis, efektif, dan mudah digunakan. Sesuatu yang sederhana, namun seringkali dilupakan.

Pemenang CSA 2009 akan diumumkan pada Rabu 3 Februari mendatang di Jakarta. CSA berlangsung sejak 20 Agustus 2009 hingga 10 Desember 2009. Setiap bulan ditetapkan kategori yang dilombakan. Pemenang dipilih oleh dewan yuri, serta berdasarkan polling diantara peserta CSA sendiri. ( republika.co.id )


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya