Gempa Besar Akan Kembali Menghancurkan Padang... Waspadalah ....

Gempa Besar Akan Kembali Menghancurkan Padang... Waspadalah ....Terjadinya gempa Padang 7,2 SR di kedalaman 10 kilometer, Senin (25/10/2010) pukul 21.42 disinyalir bakal menimbulkan gempa yang lebih dahsyat lagi di waktu akan datang. Karena ibarat seutas tali, saat ini sudah terputus menjadi tiga oleh gempa Aceh 2004, kemudian disusul gempa Padang 2009.


http://www.tribunnews.com/foto/berita/2010/10/26/GEMPA_DAFTAR.jpg
Listing gempa terkini hingga 25 Oktober 2010


Berdasar analisa Ade Edward koordinator daerah Ahli Geologi Indonesia Sumbar, gempa yang terjadi Senin kemarin menimbulkan tenaga patahan yang mendesak ke bagian sepertiga patahan yang masih tersisa. Diperkirakan sepertiga patahan terakhir itu masih menyimpan potensi besar untuk menimbulkan gempa dahsyat. Hanya saja, ahli geologi tidak bisa mempridiksi kapan waktu itu akan terjadi.

Memang gempa Padang 25 Oktober 2010 itu terjadi bukan pada patahan lempeng aslinya. Namun demikian akibat gempa itu, ada desakan kuat yang memberikan potensi munculnya gempa dari patahan lempeng Sumatera.

Gempa di barat Aceh tahun 2004 yang sangat dahsyat dan menimbulkan tsunami besar abad ini menjadi penyebab lempengan patahan makin aktif. Kemudian disusul gempa 28 Maret 2005, di Pulau Simeulue berkekuatan 8,6 SR menimbulkan tsunami setinggi 3 meter juga mendorong patahan ini makin terdesak.

http://www.tribunnews.com/foto/berita/2010/10/26/gempa_padang_silam.jpg
Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Indonesia mengalami kerusakan parah di jalan Hamka, Padang, Kamis (1/10/2009). .


http://www.tribunnews.com/foto/berita/2010/10/26/gempa_padang_silam2.jpg
GEMPA PADANG 2009- Bangunan showroom roboh dan menimpa puluhan mobil yang ada di gedung tersebut akibat gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter yang melanda kawasan Sumatra Barat, Kamis (1/10/2009). Akses transportasi serta jaringan telekomunikasi dan listrik juga lumpuh akibat gempa yang melanda kawasan di pesisir Sumatra bagian Barat tersebut.


Karena di bagian bawah Pulau Siberut dekat Sumatera pernah terjadi gempa berkekuatan 8,7 skala Richter pada 1797, yang juga mengakibatkan lempeng patahan bergeser sejauh 10 meter dan menimbulkan tsunami yang sempat menenggelamkan Padang dan daerah sekitarnya waktu itu.

Akibat gempa Padang kemarin itu, menambah tekanan pada lempeng samudra tersebut terus menerus terakumulasi. Dan gempa gempa yang muncul hingga kini belum menghabiskan tenaga tekanan yang masih terus mendesak kepulauan Mentawai. Sekali lagi, ahli gempa Indonesia maupun luar negeri belum bisa memprediksi kapan waktu gempa dahsyat itu akan terjadi. ( tribunnews.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya