Sekira tiga perempat pengguna internet di belahan dunia, yang mengikuti sebuah survei, mempercayai akses internet merupakan hak yang harus didapat setiap manusia.

Survei yang melibatkan sekira 27.000 orang dewasa di 26 negara dunia ini akhirnya berhasil menyimpulkan adanya dukungan global untuk kegiatan berinternet.

Poling ini merupakan salah satu upaya untuk lebih meningkatkan akses internet di seluruh dunia, dan AS merupakan salah satu negara dengan penetrasi pengguna internet terbesar di dunia. Hal ini pula yang mendorong adanya kesempatan yang sama bagi seluruh manusia untuk dapat mengakses internet.

Dalam survei tersebut, mayoritas responden merasa semua orang di dunia berhak menggunakan internet. Bahkan negara-negara seperti Finlandia dan Estonia telah memberlakukan peraturan yang mengategorikan kegiatan berinternet sebagai hak asasi manusia.

"Hak untuk berkomunikasi tidak bisa diabaikan. Internet merupakan sumber potensial yang cukup kuat, yang pernah diciptakan untuk mencerahkan kehidupan masyarakat," ujar Sekjen International Telecommunication Union (ITU) Hamadoun Toure, seperti dikutip melalui AFP, Rabu (10/3/2010).

Sebanyak 79 persen dari seluruh responden yang ada menyetujui dengan penyamaan internet sebagai salah satu hak asasi dasar yang dimiliki oleh semua orang. Yang menyenangkan, meski tidak seluruh responden benar-benar pengguna internet namun mereka tetap menyetujui adanya pandangan ini.

Di antara 26 negara peserta poling, Meksiko, Brazil dan Turki merupakan negara yang memberikan dukungan tertinggi terhadap kesimpulan tersebut. Bahkan Jepang, Meksiko dan Rusia menganggap internet sebagai kebutuhan penting dalam kehidupan mereka.

Sama halnya dengan Korea Selatan, negara dengan kecepatan internet akses yang tinggi dan penetrasi pengguna internet sebanyak 96 persen, menganggap akses internet sebagai hak asasi yang paling dasar.

Poling ini merupakan lanjutan dari langkah Amerika yang memutuskan untuk membuka ekspor jasa internet AS ke negara-negara embargo seperti Iran, Cuba dan Sudan. Jasa internet yang dimaksud seperti web browsing, blogging, email, instant messaging, chat, jejaring sosial, dan sharing foto-film. ( okezone.com )