Firefox 3.6, 15% Lebih Cepat


Mozilla Firefox

Firefox 3.6, 15% Lebih Cepat - Didongkrak dengan Java Script terbaru yang lebih cepat dari pendahulunya, Mozilla Firefox 3.6, memiliki kinerja 15% lebih cepat dari Firefox 3.5. Sayangnya, dalam uji coba perbandingan benchmark (kinerja maksimal) dengan Safari milik Apple dan Chrome besutan Google, Firefox masih kalah ngebut.

Berdasar tes yang dilakukan oleh Computerworld, Firefox 3.6 versi resmi--yang diluncurkan Mozilla pada Kamis pekan lalu, menduduki peringkat ketiga dari lima browser versi Windows yang dites. Firefox mengarsir Java Script tiga kali lebih cepat ketimbang Opera 10, dan empat kali lebih cepat dari Internet Explorer 8.

Bahkan browser terbaru Mozilla itu 14,5% lebih cepat dari Firefox 3.5 yang luncur pertama kali Juni 2009, meski dibilang kenaikkan tipis bila dibanding klaim Mozilla.

Namun, tambahan kecepatan JavaScript yang diusung Firefox 3.6 masih tidak menandingi Safari dan Chrome. Safari mengungguli dua kali lipat kecepatan Firefox, sementara Chrome hampir dua kali lipat lebih cepat dari Firefox.

Safari menyudutkan Chrome pertama kalinya dapat balapan kecepatan, mengalahkan browser Google itu sekitar 6,5 persen. Posisi itu membuat Safari naik tipis--dibanding November lalu--sebagai pimpinan para browser perihal adu kebut-kebutan.

Dalam pengetesan kinerja maksimum tersebut, software yang digunakan ialah SunSpider JavaScript dan dijalankan di Windows XP Service Pack 3 (SP3). Masing-masing browser diuji hingga tiga kali, kemudian nilai dirata-rata untuk menentukan urutan final.

Sebagian besar pendesain browser, telah mempromosikan performa JavaScrip yang kian berkembang secara agresif dalam dua tahun terakhir. Kondisi itu ditandai ketika Mozilla mulai menggembar-gemborkan kinerja tinggi lewat mesin TraceMonkey JavaScript dalam Firefox 3.5 dan juga saat Google menyuarakan kehebatan kecepatan di Chrome.

Bahkan, Microsoft, yan selalu mengecilkan uji joba kecepatan, telah mengakui bahwa perusahaannya tengah mengerjakan tendangan terbaru dalam versi IE mereka mendatang. Pada November lalu, presiden Microsoft divisi Windows dan Windows Live, Steven Sinofsky, mengklaim bahwa awal proses pengerjaan IE9, telah membuat JavaScript browser tersebut setara dengan rival-rivalnya. Hanya saja, Microsoft masih belum melepas versi IE9 yang dapat dites secara independen.

Salah satu anggota tim yang mengerjakan JavaScript Mozilla, David Mandelin, memosting detail teknis pada pengembangan JavaScript Firefox 3.6, di blog beralamat hacks.mozilla.org.

Mozilla telah membuat perubahan lain di Firefox 3.6 untuk mempercepat browser. Untuk versi komputer Mac, misalnya, browser memulai tampilan awal lebih cepat 30% dari Firefox 3.5. Perusahaan juga mengklaim telah membuat perubahan dan peningkatan masif pada responsivitas antarmuka-pengguna saat mengetik di bar lokasi.

Firefox saat ini, menurut data terkini dari perusahaan pengukur Web, NetApplications.com, menguasai sekitar 25 % dari pasar pengguna browser dunia. Dengan seperempat irisan kue bolu, Firefox menempati posisi kedua setelah IE--dengan 63% irisan. Namun terdapat gap terlalu lebar dengan Chrome yang nangkring di urutan tiga dengan perolehan pasar 5%. ( republika.co.id )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya