Friend Connect, Layanan Sosial Google yang Kian Personal


Friend Connect, Layanan Sosial Google yang Kian Personal. -Google kini memperbarui layanan jejaring sosialnya, Friend Connect dengan membolehkan pemilik situs Web mempersonalisasi konten dan ads (iklan) online. Bersamaan itu Friend Connect juga menawarkan alat membangun-komunitas.

Menyasar pada ketertarikan para penerbit situs Web yang memiliki sedikit pengalaman di pemograman, fitur baru Google Friend Connet (GFC) menyajikan cara bagi pengunjung situs untuk berkomunikasi satu sama lain, membuat profil dan berpatisipasi dalam polling.

Sementara bagi pemilik situs, tersedia alat baru untuk menciptakan newsletter yang bisa disesuaikan keinginan. Tak hanya itu terdapat pula fitur untuk menyesuaikan konten lewat tautan antarsitus yang cocok dengan ketertarikan pengunjung dan tambahan iklan AdSense
 
Friend Connect, Layanan Sosial Google yang Kian PersonalSNAPSHOT/REPUBLIKAONLINEGoogle Friend Connect

MOUNTAIN VIEW,CALIF--Google kini memperbarui layanan jejaring sosialnya, Friend Connect dengan membolehkan pemilik situs Web mempersonalisasi konten dan ads (iklan) online. Bersamaan itu Friend Connect juga menawarkan alat membangun-komunitas.


Menyasar pada ketertarikan para penerbit situs Web yang memiliki sedikit pengalaman di pemograman, fitur baru Google Friend Connet (GFC) menyajikan cara bagi pengunjung situs untuk berkomunikasi satu sama lain, membuat profil dan berpatisipasi dalam polling.

Sementara bagi pemilik situs, tersedia alat baru untuk menciptakan newsletter yang bisa disesuaikan keinginan. Tak hanya itu terdapat pula fitur untuk menyesuaikan konten lewat tautan antarsitus yang cocok dengan ketertarikan pengunjung dan tambahan iklan AdSense

"Salah satu misi dalam Google adalah membuat Web lebih sosial. Dan inti yang Google lakukan adalah mencari solusi membantu orang-orang untuk berkomunikasi," ujar manajer pimpinan teknologi GFC, Sami Shalabi, kepada InternetNews.com.

"Anda tak perlu pengalaman pemograman apa pun. Tinggal masuk ke layanan, jawab sedikit pertanyaan, putuskan fitur sosial macam apa yang anda ingin untuk ditambahkan, pencet tombol yang mengoperasikan beberapa kode, selesai,"

Fitur baru GFC hadir ditengah tren layanan Internet yang kian melebar dari sekedar bisnis pencarian, bersamaan ketika Google merilis software browser baru, sistem operasi mobile dan layanan periklanan serta aplikasi online.

Pembaruan GFC yang dibuat cuma-cuma itu kini cenderung bersaing langsung dan bisnis lebih kecil yang menawarkan layanan serupa, seperti mereka yang menyajikan manajemen kampanye newsletter yang dapat disesuaikan dan program analisa yang membantu pemilik situs menata konten dan menempatkan iklan.

Google Friend Connect, layanan sosial milik Google 


Fitur-fitur baru tersebut juga bagian dari upaya terus-menerus Google untuk berkompetisi dengan situs jejaring sosial populer Facebook, yang menawarkan Facebook Connect. Untuk mengejar, Google telah menambahkan fitur dalam 10 bulan terakhir, salah satunya "rekomendasi gadget" yang menandai konten terpopuler dalam sebuah situs.

Fitur lain yakni, integrasi dengan Blogger, penerjemah komentar masuk, "balok sosial" yang mempermudah untuk menambah komponen jejaring sosial ke situs Web. Kini yang terbaru ialah, alat berkomunikasi dan pembangun-komunitas.

Untuk membantu para pengunjung tersambung, pemilik situs dapat log in (masuk) ke bagian "Interest" (kesukaan) dalam akun GFC dan menambah pertanyaan terkait situs--yang dapat dijawab orang-orang ketika bergabung dengan situs tersebut. Pertanyaan akan ditampilkan dalam mini kuisioner berbentuk polling.

"Misal, jika anda memiliki situs Web musik, anda dapat meminta orang untuk berbagi band-band favorit, konser terakhir yang mereka datangi, atau di mana mereka menemukan musik terbaru," ujar manajer produk GFC, Mussie Shore, dalam postingan sebuah blog milik Google.

Detail-detail yang saling dibagi pengunjung akan ditambahkan ke profil publik Friend Connect untuk situs anda. Data itu pun dapat dilihat oleh pengunjung situs lain yang memiliki akun. Dengan cara ini, pengunjung anda dapat saling mengenal satu sama lain dalam konteks ketertarikan yang membuat mereka berkunjung ke situs Web anda.

Pengunjung pun juga mampu mengirim pesan pribadi ke satu sama lain lewat profil Friend Connect.

Untuk membantuk pemilik situs menyesuaikan konten agar menarik perhatian pengguna, kesukaan para pengunjung yang di-share(bagi) dapat tertampil pula pada bagian "data komunitas" baru di dashboard GFC, dalam bentuk tabel.

Setiap data yang dikumpulkan dalam Friend Connect dapat diekspor dan digunakan dalam software(site engine/CMS) apa pun yang digunakan pemilik situs untuk menjalankan situs mereka. Apakah itu wordpress, jomla, textpattern, drupal dan yang lain.

Google Friend Connect 


Sementara fitur newslettter baru memungkinkan pemilik situs mampu membuat, mengirim dan mengelola newsletter yang dapat didistribusikan ke semua pelanggan atau pelanggan dalam segmen berbeda, berdasar respons ketertarikan yang mereka kirim.

Lalu gadget personalisasi-konten dapat digunakan untuk menampilkan serangkaian tautan yang dapat disesuaikan dengan dinamis.

"Beberapa situs memiliki banyak isi. Sejalan dengan waktu mereka akan terkubur. Jadi, sebagai contoh, jika anda menjalankan situs tentang gitar dan musik, lalu anda memiliki kontent tentang teknik picking-finger, kemudian seorang pengunjung menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar hal tersebut, konten akan otomatis tertampil di kotak dalam situs, berdasar pengaturan," ujar Sami Shalabi.

Juga ada cara baru, baik untuk pemilik situs dan Google untuk mendapat uang dari Google AdSense.

"Bagi mereka yang menampilkan iklan dalam situs Web anda, akun Friend Connect kini memasukkan bagian AdSense yang membuat anda mampu menghidupkan unit iklan Google yang cocok dengan isi situs dan ketertarikan pengguna yang dipublikasikan dan dibagi di situs anda," papar Mussai Shore.

Kini lebih dari setengah juta pengunjung unik yang melihat halaman GFC setiap 30 hari, dengan dua orang bergabung mendaftar ke GFC setiap detiknya, demikian imbuh Sami Shalabi. Bagi anda pemilik situs Web yang tertarik lebih jauh mengenal fitur-fitur GFC atau pemula dalam layanan itu, bisa menilik video tutorial berdurasi 1 menit 56 detik di Youtube [ repiblika.co.id ]




Blog : Surau Tingga || Judul : Friend Connect, Layanan Sosial Google yang Kian Personal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar