Tips Menghemat Baterai Ponsel

Tips Menghemat Baterai Ponsel. Setiap vendor ponsel telah mendesain daya tahan baterai ponsel dalam waktu tertentu. Biasanya itu hanya hitung-hitungan umum. Sebab, walau bagaimanapun, daya tahan baterai ponsel Anda sebetulnya tergantung cara Anda memakai ponsel.


Tapi Anda sebetulnya bisa menghemat baterai ponsel agar--paling tidak--bisa menyamai standar pabrik. Berikut ini beberapa tipnya.


Biang Kerok yang Menghabiskan Baterai


Ada beberapa kebiasaan atau perlakuan terhadap ponsel yang cenderung membuat baterai boros tenaga, yaitu:


1. Cahaya


Pabrik mendesain cahaya untuk menyinari keypad dan layar ponsel. Terbiasa membiarkan lampu keypad menyala pada siang hari bolong adalah tindakan yang memboroskan tenaga baterai. Demikian juga apabila tingkat kecerahan layar terlalu tinggi (setelan yang lebih bermanfaat di malam hari)


2. Nada Getar


Jangan salah, getar pada ponsel justru bikin boros baterai.


* GPRS aktif terus-menerus. Akses Internet di ponsel melalui GPRS memang menyenangkan, tapi koneksi ini cukup menguras tenaga baterai.


* Suara/nada keypad. Ini juga termasuk penyerap energi.


* Memakai ponsel untuk bermain game atau memutar musik digital dan video akan menguras tenaga baterai.


Mulai Menghemat


* Jangan aktifkan nada getar bila tak perlu, kecuali bila Anda berada di tempat yang membutuhkan suasana senyap, misalnya di tengah peribadahan, rapat, atau belajar. Untuk menonaktifkan getar secara cepat, cukup dengan menekan tombol pagar (#) selama kurang-lebih tiga detik. Ponsel akan otomatis mengaktifkan mode senyap.


* Nonaktifkan cahaya keypad dan redupkan cahaya layar.


Cara paling umum: dari Menu ke Settings. Lalu pilih Display dan akhirnya ke Brightness. Turunkan tingkatnya sampai 50 persen. Untuk keypad, dari Settings ke Keypad Light.


* Nonaktifkan GPRS kalau sedang tak mengakses Internet atau chatting. Lain halnya apabila menjadikan ponsel sebagai modem, kita bisa berinternet sambil mengisi ulang tenaga baterai.


* Rasanya tak perlu mengaktifkan nada keypad, kecuali saat Anda mungkin sedang berada di keramaian. Untuk menonaktifkannya, dari Menu ke Settings lalu pilih Sound&Alert. Pilih Silent untuk Keypad Tone (atau Sound pada beberapa model ponsel).


Tip Lain untuk Menghemat


* Ponsel adalah perangkat yang akan terus-menerus mencari sinyal dan ini membutuhkan tenaga baterai. Bila memang Anda berada di kawasan minus sinyal seluler, ada baiknya matikan saja ponsel Anda.


* Memakai Repeater. Bila berada di tempat terpencil dengan kualitas sinyal ada dan tiada, sebaiknya pakai repeater, perangkat untuk memperkuat penangkapan sinyal.


* Bluetooth juga menguras baterai, nonaktifkan bila tak perlu.


* Sama halnya dengan Bluetooth, infrared juga menguras baterai. Matikan bila tak perlu.


* Nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tak digunakan


Merawat Baterai


* Letakkan ponsel di tempat dengan temperatur normal agar baterai tak rusak lantaran suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Meletakkan ponsel pada dashboard mobil yang disiram terik matahari adalah perilaku buruk. Demikian juga meletakkan ponsel di atas laptop atau console game yang panas tubuhnya.


* Segera cabut charger jika baterai sudah terisi penuh.


* Isi ulang baterai sampai benar-benar penuh, kebiasaan mencabut lalu mengisi ulang berkali-kali akan membuat usia batera [ tempo.com ]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya