Mengenal Axis, Si Peramban Baru Andalan Yahoo!

Mengenal Axis, Si Peramban Baru Andalan Yahoo! -- Raksasa media daring Yahoo! tergiur untuk menikmati keriuhan pasar peramban. Kamis, 24 Mei 2012, Yahoo! meluncurkan peramban bernama Axis. Mesin peselancar ini diklaim sebagai perpanjangan Chrome, Firefox, dan Internet Explorer.

Axis diklaim menyempurnakan pencarian melalui sebuah peramban dengan satu langkah. Kuncinya adalah membuat pencarian menjadi lebih visual dibanding berdasarkan teks. "Kami fokus di front-end," ujar Ethan Batraski, Direktur Pengembangan Produk Yahoo!.


http://images.tempo.co/?id=121470&width=475


Batraski yakin di masa depan pengalaman mencari informasi di dunia maya akan terus berkembang. Axis akan hadir sebagai aplikasi untuk tablet, telepon pintar, dan komputer pribadi. Ketika Anda mengetik kata kunci pencarian di sudut kiri atas Axis, akan keluar hasil pencarian berupa judul dan laman yang sesuai. Untuk memilih hasil pencarian, pengunjung, tinggal menggeser ke kanan dari hasil laman yang muncul.

Hasil pencarian dalam bentuk laman berukuran kecil. Di dalamnya ada thumbnail image yang menggambarkan kata kunci pencarian Anda. "Proses ini mengakomodasi ekspektasi Anda terhadap sebuah pencarian informasi," ujar Batraski.

Dua kelebihan utama Axis antara lain layar yang bisa membesar, menyesuaikan dengan thumbnail image hasil pencarian. Lalu pencarian melalui telepon pintar sama menyenangkannya dengan melalui tablet ataupun komputer pribadi.

Yahoo! mengklaim Axis mampu mencari kata kunci dan menemukan sebuah situs lebih cepat ketimbang peramban yang ada. Tapi yang lebih menarik adalah Axis menawarkan ruang untuk iklan tanpa mengganggu pengguna. Batraski menguraikan jika Anda mencari tentang Chevy, misalnya, kemungkinan muncul gambar Camaro di dalamnya.

Yahoo! masih berhati-hati untuk mengumbar keleluasaan iklan di dalam Axis. Sebab mereka masih mencari pengalaman orang-orang terhadap bayi peramban ini. "Ini mungkin menjadi laboratorium pengembangan iklan di peramban," kata Batraski.

Seorang narablog menemukan bahwa Axis berpeluang dimasuki penyerang berbahaya. Nik Cubrilovic, pemilik blog itu, menemukan file sertifikat yang digunakan Yahoo! memudahkan penyerang berbahaya (malicious attacker) bisa membuat ekstensi palsu sebagai pengenal dari Yahoo!.

Ekstensi palsu, menurut Nik, dapat menangkap semua lalu lintas, termasuk kata kunci, session cookies, dan lain-lainnya. Nik mengaku sudah melaporkan ke Yahoo! tentang kelemahan ini, tapi belum mendapat balasan. ( Tempo.co )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Dengan Kupu - Kupu, Pemuda Muslim Kejutkan NASA!