Penemuan Fosil Serangga Bersayap Renda Di China

Penemuan Fosil Serangga Bersayap Renda Di China — Tim ilmuwan dari Capital Normal University di Beijing, China, dan Institute of Biology and Soil Science di Vladivostok di Rusia menemukan fosil serangga bersayap renda di China, berasal dari masa Mesozoikum. Hasil penemuan ini dipublikasikan di jurnal open access Zookeys yang terbit 24 September 2011 yang lalu.

Spesies fosil serangga yang ditemukan adalah Undulopsychopsis alexi. Spesies itu termasuk famili Psychopsidae, memiliki kekhasan berupa sayap lebar, berurat padat seperti renda-renda, berambut halus dan pola khas.

Undulopsychopsis alexi berbeda dengan serangga lain dalam satu famili karena margin sayap yang berombak dan polanya. Spesies serangga bersayap renda ini sudah eksis sejak 120 juta tahun yang lalu.


http://assets.kompas.com/data/photo/2011/10/10/1824035620X310.jpg


Famili Psychopsidae sendiri pada masa Mesozoikum tersebar luas di seluruh dunia. Namun, saat ini penyebaran famili ini terbatas di wilayah Afrika bagian selatan, Asia bagian tenggara, dan Australia. Banyak tantangan lingkungan yang harus dihadapi famili ini.

"Ciri penting dari spesies ini yang bisa dilihat dari fosil ini ialah bahwa fosil ini mewarisi 2 famili serangga neuroptera yang berbeda, famili Psychopsidae yang masih eksis saat ini dan Osmylopsychopidae yang sudah punah," kata Vladimir Makarkin, salah satu peneliti, seperti dikutip Science Daily, Jumat (7/10/2011).

Undulopsychopsis alexi tepatnya ditemukan di Pripinsi Liaoning, China. Penemuan ini membuka kemungkinan memahami evolusi serangga bersayap renda. ( kompas.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya