Semakin Lama Bentuk Tengkorak Pria Dan Wanita Semakin Mirip

Semakin Lama Bentuk Tengkorak Pria Dan Wanita Semakin Mirip - Satu studi semakin memperkecil perbedaan antara tengkorak pria dan wanita. Nyaris mirip dan semakin tidak kentara kalau ada yang lain diantara kedua tengkorak ini.

Studi yang dilakukan oleh North Carolina State University meneliti ribuan tengkorak yang berasal dari Spanyol dan Portugal. Umur tengkorak tersebut bervariasi, mulai dari 4 abad yang lalu--200 tengkorak Spanyol berasal dari abad ke-16 dan abad ke-20, sekitar 50 tengkorang Portugal berasal dari abad ke-20.


http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Tengkorak-manusia.jpg


Peneliti menemukan perbedaan antara pria dan wanita di bagian tengkorak wajah pada abad ke-20 lebih tidak kentara dibandingkan pada tengkorak yang berasal dari abad ke-16. Perubahan besar terjadi pada tengkorak wanita, khususnya wanita Spanyol. Contohnya, wanita Spanyol saat ini memiliki struktur yang lebih besar dibandingkan struktur wanita pada abad ke-16. "Mungkin akibat perbaikan gizi dan faktor lingkungan lain," kata Dr. Ann Ross, profesor antropologi dari NC State yang memimpin studi.

Tengkorak pria juga mengalami perubahan, tetapi tidak sebanyak perubahan pada tengkorak wanita.

Temuan ini, seperti dikatakan Ross, dapat membantu proses penentuan jenis kelamin dari tengkorak yang ditemukan. "Penentuan jenis kelamin dari sebuah tengkorak sangat berguna dalam bidang forensik dan penelitian akademis," kata Ross. ( tribunnews.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Dengan Kupu - Kupu, Pemuda Muslim Kejutkan NASA!