Radio Aktif Plutonium Yang Lebih Berbahaya Terdeteksi di Wilayah PLTN Fukushima

Radio Aktif Plutonium Yang Lebih Berbahaya Terdeteksi di Wilayah PLTN Fukushima - Tanah di lima lokasi di pembangkit rusak Fukushima Daiichi terdeteksi mengandung plutonium. Operator kompleks enam reaktor membenarkan adanya plutonium itu untuk pertama kalinya, seperti yang dikutip kantor berita Kyodo, Selasa 29 Maret 2011.

Plutonium merupakan zat radioaktif yang lebih beracun dibandingkan iodine dan cesium. Namun, jumlahnya belum mengancam kesehatan manusia.

Pemerintah dan Badan Keselamatan Nuklir dan Industri Jepang belum mengetahui dari reaktor mana plutonium berasal. Perusahaan listrik nuklir Tepco akan memperketat pengawasan lingkungan baik di sekitar pembangkit maupun di wilayah radius 20 kilometer dari pembangkit.


http://image.tempointeraktif.com/?id=68121&width=274
Reaktor nuklir Fukushima, Daiichi, Jepang.


Juru bicara Badan Pengatur Nuklir Jepang, Hidehiko Nishiyama menyatakan ditemukannya plutonium menunjukkan adanya kerusakan tertentu pada batang bahan bakar reaktor.

Sementara itu, Tepco menyatakan tingkat radiasi yang ditemukan di parit air di luar pembangkit nomor 2 telah melewati 1000 millisievert per jam. Air yang terkontaminasi itu diduga berasal dari inti reaktor, dimana batang bahan bahan bakarnya telah meleleh sebagian.

Kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi sejak kemarin memburuk. Air yang terkontaminasi zat radiokatif bocor dalam jumlah yang cukup besar. Kemungkinan besar air yang tercemar zat radioaktif akan bercampur dengan air laut. ( tempointeraktif.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Dengan Kupu - Kupu, Pemuda Muslim Kejutkan NASA!