ChemBot, Robot Bunglon Tercanggih Saat Ini

ChemBot, Robot Bunglon Tercanggih Saat Ini - Militer Amerika Serikat tengah mengembangkan sebuah robot fleksibel, yang bisa berubah-ubah bentuk dalam sekejap.


http://suaramedia.com/images/stories/4berita/1-9-techno/chem_bot_psfk.jpg
ChemBot, robot fleksibel Canggih yang tengah dikembangkan oleh Militer AS (Foto: psfk.com)


Bentuknya tidak seperti robot pada umumnya, bahkan hanya seperti seonggok karet lumer.


Namun jangan salah, robot tersebut punya kemampuan istimewa dalam misi militer. Si robot yang bernama ChemBot dibuat oleh perusahaan iRobot dengan kontrak dari Defense Advanced Research Projects Agency dan Army Research Office.


Rancangan awal ChemBot baru-baru ini dipamerkan dan cukup mengundang decak kagum.


Robot seukuran telapak tangan ini bakal jadi robot mobile yang bisa menelusup ke mana-mana dengan memperkecil tubuhnya, misalnya melalui lubang kecil saat misi penyelamatan.


Chembot memang punya material khusus sehingga dalam proses yang disebut 'jamming', robot bisa berubah jadi semi cairan dan benda padat dalam sekejap.


Jadi ketika akan masuk sebuah lubang yang lebih kecil dari tubuhnya, ChemBot bisa langsung memperkecil bodi untuk melewatinya dengan mudah, seakan-akan jadi lumer. Dan sesudah melewatinya, ChmeBot dapat kembali ke ukuran biasa.


Diberitakan Cnet, ChemBot dibuat dengan bahan silikon. Teknologi di dalamnya memungkinkan robot ini memperkecil dan memperbesar tubuhnya, mengubah ukuran dan bentuk secara otomatis. ( suaramedia.com )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya