Misteri Kawah Sedalam 2,3 KM di Mars

Misteri Kawah Sedalam 2,3 KM di Mars - Orcus Patera memiliki panjang 380 km, lebar 140 km, dan dalamnya sekitar 2,3 km. - Sebuah foto yang dirilis Badan Antariksa Eropa, European Space Agency (ESO) menunjukkan sisi dekat kawah memanjang misterius di Mars -- yang dikenal sebagai Orcus Patera.

Kawah ini terletak di dekat katulistiwa, garis melintang di belahan timur Mars. Kawah ini besar, memiliki panjang 380 kilometer, lebar 140 kilometer, dan dalamnya sekitar 2,3 kilometer. Letaknya di antara Gunung Elysium Mons dan Olympus Mons.



Kawah misterius, Orcus Patera di Mars


Astronom telah mengetahui tentang keberadaan kawah aneh ini selama beberapa dekade, namun mereka belum mengetahui bagaimana Orcus Patera terbentuk.

Kata 'patera' sendiri umumnya mengacu pada bentuk kawah gunung berapi yang dalam, kompleks, dan tidak teratur. Namun, meski nama dan lokasinya dekat dengan beberapa gunung berapi besar di Mars, Orcus Patera mungkin tidak vulkanik.

Para ilmuwan menduga, struktur oval kemungkinan bukan kawah. Itu mungkin disebabkan lubang di tanah yang besar yang kemudian mengalami deformasi akibat kekuatan tektonis.

Kekuatan tersebut terbukti pada Orcus Patera -- retak panjang di permukaan Mars yang disebut 'graben' melintasi tepi kawah dan kerutan yang diduga akibat tekanan.

Graben dan kerutan bisa ditemukan di seluruh permukaan Mars, sehingga keberadaan mereka di Orcus Patera tidak luar biasa.

Kemungkinan lain, kawah besar itu diakibatkan erosi yang mennghapus batas-batas beberapa kawah kecil -- menciptakan apa yang tampak seperti kawah oval tunggal.

Namun, para ilmuwan berpikir kemungkinan pembentukan Orcus patera yang paling mendekati kebenaran adalah hantaman benda kecil di permukaan Mars dalam angle yang sangat dangkal -- mungkin kurang dari lima horizontal.

Benda yang menabrak itu diduga yang menggali lapisan debu di Mars -- menciptakan struktur mirip botol yang bisa kita lihat sekarang.

Namun, apa penyebab sebenarnya belum diketahui. Asal usul sebenarnya masih jadi salah satu misteri dari Planet Mars. ( vivanews.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya