Menjawab Keanehan Teka Teki Kawah Misterius Di Mars

Menjawab Keanehan Teka Teki Kawah Misterius Di Mars - Kawah memanjang di Mars merupakan misteri, kata ilmuwan Eropa yang berebut menjelaskan keanehan bentuk kawah tersebut. Kawah ini bernama Orcus Patera, kawah bulat panjang misterius di ekuator Mars.



http://suaramedia.com/images/resized/images/stories/4berita/1-8-technology/orcuspatera_tpn_200_200.jpg

Gambar Kawah memanjang di Mars yang bernama Orcus Patera. (Foto: topnews.com)



Terletak di antara gunung berapi Elysum dan Olympus di mana masih merupakan sebuah misteri bagaimana terbentuknya, kata European Space Agenc.


‘Patera’ menunjukkan kedalaman, kompleks atau bentuk yang tidak wajar dari kawah vulkanis.


Mengabaikan namanya, lokasi kawah ini terletak dekat gunung api di mana asal usul kawah ini masih belum diketahui, kata ilmuwan.


Lekukan ini sekitar 230 mil kali 87 mil (370 km x 140 km). Bingkainya memiliki tinggi 6 ribu kaki (1,82 km) di atas dataran dan dalamnya sekitar 1,500 kaki (0,45 km).


Beberapa peneliti mengatakan mungkin kawah ini sebenarnya kawah bundar yang kemudian mengalami deformasi akibat gaya kompresi. Atau bisa saja terbentuk oleh erosi dari dua atau lebih kawah yang berkaitan erat.


Namun, kebanyakan ilmuwan mengatakan bahwa penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa kawah itu terjadi akibat dampak kemiringan ketika sebuah meteor kecil menghantam permukaan Mars pada sudut yang sangat dangkal dengan sudut kurang dari 5 derajat


Sementara itu, Pesawat ruang angkasa NASA dengan kamera resolusi tinggi juga berhasil merekam kawah muda Mars dan menemukan air yang membeku di dalamnya, kata ilmuwan.


Gambar dari kamera Mars Reconnaissance Orbiter HiRISE NASA ini menampilkan es pada kawah 20 kaki (6,1 meter) ini di permukaan planet Mars, diberitakanSPACE.com.


Peneliti menduga, kawah di bagian utara Mars ini terbentuk tidak lebih dari April 2004, kata Nathan Bridges, anggota tim sains HiRISE di University of Arizona. Kawah itu muncul pada foto yang diambil tanggal 6 Juni dan 7 Juli.


“Foto itu menunjukkan bahwa kita dapat menemukan es di selatan jauh,” kata Bridges. “Seiring dengan penelitian kita, hal ini akan berguna dalam menentukan di mana es dangkal di Mars,” katanya.


Penutup es ini meliputi sebuah area sekitar 20 kaki persegi (6,1 meter persegi). “Mungkin kawah ini memiliki kedalaman yang sama dengan yang kami gali di tanah Phoenix pada 2008 lalu,” katanya.


Phoenix Mars Lander NASA mendarat di artik Martian Mei 2008 dan menemukan bukti es di bawah permukaannya. Selama musim panas Martian selanjutnya “tim HiRISE mungkin akan mengambil gambar tambahan untuk memeriksa kawah tersebut,” kata Bridges. ( www.suaramedia.com )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Purba Ternyata Lebih Maju Dari Indonesia Modern

Ternyata Orang Eropa Adalah Keturunan Firaun

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya