Ketika Wisata Bertemu Cikal Bakal Manusia di Goa Sterkfontein

Ketika Wisata Bertemu Cikal Bakal Manusia di Goa Sterkfontein - Dalam teori evolusi Charles Darwin, manusia adalah hasil evolusi dari primata. Simpanse sering disebut-sebut berevolusi menjadi manusia.



http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/07/28/0436579p.JPG


Sekitar 2,3 juta tahun lalu, evolusi itu sudah menjadi makhluk mirip manusia. Dan, salah satu makhluk yang hampir mirip manusia itu ditemukan di Goa Sterkfontein, wilayah di barat laut Johannesburg, atau 70 kilometer dari Pretoria, Provinsi Gauteng, Afrika Selatan (Afsel).


Kompas.com
sempat menjenguk goa itu di sela-sela liputan Piala Dunia 2010 dan melihat tengkoraknya. Tengkorak yang nyaris sempurna itu diperkirakan wanita dan dijuluki Mrs Ples. Bahkan, di Museum Maropeng yang tak jauh dari goa itu, ada boneka buatan yang dibuat menyerupai makhluk hampir manusia berjuluk Mrs Ples tersebut.

Oleh karena itu, Goa Sterkfontein yang sudah dinyatakan sebagai warisan dunia pada 2000 itu juga disebut Cradle of Humankind. Artinya, asal usul makhluk yang hampir mirip manusia atau bakal manusia.


Tempat ini tadinya dieksplorasi oleh para penambang yang tertarik dengan adanya fosil pada 1890. Lalu, para ilmuwan tertarik mempelajari dan menggali fosil-fosilnya.


Pada 1936, Profesor Raymond Dart and Dr Robert Broom dari University of the Witwatersrand melakukan penelitian. Dari penelitian, mereka menemukan banyaknya fosil cikal bakal manusia.



http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/07/28/0438203p.JPG

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/07/28/0442014t.JPG http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/07/28/0445163t.JPG


Namun, Mrs Ples sendiri ditemukan Dr Robert Broom dan John T Robinson pada 18 April 1947. Julukan Ples diambil dengan menyingkat
Plesianthropus transvaalensis yang berarti makhluk hampir manusia dari Transvaal.

Meski dipanggil
mrs atau nyonya, sebenarnya tengkorak Mrs Ples itu belum bisa ditentukan jenis kelaminnya. Hanya, dari analisis sinar-X, Mrs Ples adalah makhluk hampir dewasa.

Kisah ini diceritakan pemandu wisata di Goa Sterkfontein sebelum pengunjung memasuki goa. Dengan demikian, begitu memasuki goa, rasanya menjadi lebih menarik karena ada imajinasi yang dibangun cerita itu.


Goa ini cukup panjang dan dalam. Namun, pengunjung hanya diberi rute sejauh 200 meter. Meski begitu, banyak kontur atau ruang-ruang indah di goa tersebut.


Beberapa jalan ditutup dengan pintu teralis. "Ini berarti masih dalam penelitian. Maka, yang boleh masuk jalan itu hanyalah para peneliti atau orang yang diberi izin," ucap pemandu wisata.


Sang pemandu sangat menguasai detail dan kisah goa itu sehingga pengunjung begitu puas mendapat penjelasannya. Apalagi, dia selalu memberi kesempatan pengunjung untuk bertanya setiap kali selesai memberi penjelasan. Dan, rasanya dia selalu bisa menjawab pertanyaan pengunjung.


Jika tak tertarik terhadap kisahnya, maka pengunjung bisa menikmati keindahan goa tersebut. Sesekali ada ruang yang berlobang sehingga sinar mentari bisa menembus ke dalam dan menambah keindahan.


Namun, ada pula rute-rute yang menegangkan. Pengunjung harus merunduk untuk menuju ke ruang lain dan kadang terasa amat susah.


Goa ini juga amat luas dan banyak jalan sehingga tak seorang pengunjung pun boleh berjalan sendiri karena bisa tersesat dan sulit keluar.


Rute wisata di goa ini memakai sistem sekali jalan. Artinya, pengunjung masuk dari satu pintu dan akan keluar dari goa di sisi lain. Jika sudah berjalan jauh, maka sering sulit melewati jalan kembali, sedangkan jika meneruskan perjalanan, belum tentu menuju jalan keluar.


"Saya minta tak seorang pun mencari jalan sendiri dan tetap berjalan dalam kelompok," pinta pemandu.


Setidaknya, ada dua kenikmatan utama mengunjungi goa ini. Pertama, bisa bertemu Mrs Ples dalam bentuk boneka buatan dan juga tengkorak aslinya. Makhluk yang disebut cikal bakal manusia. Kedua, tentu saja, menikmati wisata dalam goa. ( kompas.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya