Mitos Dan Fakta Cinta Dalam Dunia Burung


Mitos Dan Fakta Cinta Dalam Dunia Burung - Untuk urusan cinta dan pernikahan jangan meniru perilaku burung. Maklum gonta-ganti pasangan dan meninggalkan anak jadi urusan sehari-hari hewan ini. "Perilaku ini tampak pada burung kecil yang suka bernyanyi," kata Bridget Stutchbury, guru besar biologi Universitas York, Toronto.

Pekan ini Stutchbury akan meluncurkan buku berjudul "The Bird Detective" di Kanada. Menurut dia, buku ini mematahkan mitos tentang burung yang salah satunya soal pasangan permanen. Buku ini merupakan hasil penelitian Stutchbury selama 20 tahun tentang perilaku burung.



http://image.tempointeraktif.com/?id=31437&width=274
Mitos Dan Fakta Cinta Dalam Dunia Burung


Dia menggunakan pelacak radio dan tes DNA untuk menunjukkan burung jantan Acadian yang menjalin hubungan dengan betina lain, jauh dari sarangnya. Ada lagi burung betina yang mengejar pejantan lain, padahal anak-anaknya masih kecil. "Begitu banyak perceraian burung yang menurut alam pikiran kita sebagai bentuk egoistis," kata Stutchbury.


Menurut dia, burung betina dapat mencari pejantan lain karena bulunya lebih berwarna dan menyanyinya lebih baik. Ada pula yang pindah ke tempat lain karena wilayahnya lebih aman dan lebih banyak makanan. "Betina mencari pejantan berkualitas tertinggi sehingga

keturunannya lebih baik."

Stutchbury, yang telah mempelajari puluhan spesies burung penyanyi di Kanada, Amerika Serikat dan Panama, mengatakan musim panas yang pendek menjadi pendorong betina meninggalkan sarangnya. Mereka tidak peduli anak-anak dan pasangannya yang kelaparan. Sementara burung jantan dapat mengawini tiga atau empat betina lain
tanpa mengetahui apakah nantinya akan menetas telur atau tidak.

Perceraian, kata dia, adalah hal biasa di dunia burung. Kebanyakan mereka hidup dengan satu pasangan hanya selama beberapa bulan atau tahun.
( tempointeraktif.com )


Blog : Surau Tingga || Judul : Mitos Dan Fakta Cinta Dalam Dunia Burung


1 komentar: