Ternyata Ada Alien Di Bulan Saturnus?

Ada Alien Di Bulan Saturnus? – Ilmuwan menemukan jutaan archaea bersel satu di danau yang mengandung unsur ter dan serupa dengan laut hidrokarbon di bulan Saturnus. Ini berarti ada kehidupan di Titan?

Sebuah danau dengan unsur ter (aspal) mungkin saja menjadi hal paling mirip dengan lautan hidrokarbon di Titan bulan milik Saturnus. Danau ter di bumi ini mengandung kehidupan mikrobial berlimpah.


http://www.suaramedia.com/images/resized/images/stories/2berita/1_5_techno/alien_tinypic_200_200.jpg

Ternyata Ada Alien Di Bulan Saturnus?


Tidak hanya membantu pencarian alien di sistem tata surya, temuan tersebut juga memberikan bantuan penelitian pada evolusi kehidupan planet.

Danau ter terbesar alami yang ada di bumi adalah di Danau Pitch di kepulauan Karibia di Trinidad, di mana bahan perekat lengket mengalir perlahan di atas lahan seluas 114 hektar, sebuah area yang lebih besar daripada kota Vatikan.

Danau tersebut penuh dengan unsur ter dan mengeluarkan asap gas karbondioksida dan hidrokarbon.

Meskipun demikian, ilmuwan saat ini telah menemukan tiap gram unsur perekat berwarna hitam di Danau Pitch bisa menyimpan hingga 10 juta mikroba, termasuk bakteri dan organisme bersel satu yang dikenal sebagai archaea.

Kehidupan ini menghuni ter pada suhu 90 hingga 132 derajat Fahrenheit, mendapat makanan hidrokarbon serta oksigen untuk bernapas.

Peneliti mengumpulkan enam sampel dari danau tersebut, “unsur ter itu sendiri menempel dengan segala sesuatu yang dibayangkan sangat cair dan berbau,” ujar peneliti Steven Hallam, ahli ekologi sistem mikroba di Universitas British Columbia di Vancouver.

Bentuk hitam tidak biasa di dalam tampilan radar Cassini di wilayah kutub utara Titan dipercaya merupakan danau yang mengandung cairan metana dan etana. Sementara Danau Pitch merupakan danau dengan unsur ter terbesar yang ada di bumi.

Masing-masing sampel mengandung populasi mikroba, dengan sebagian besar bakteri yang muncul berhubungan dengan salah satu unsur sedimen kurang oksigen, kandungan metana atau cadangan minyak. Meskipun demikian, beberapa archaea yang diamati cukup jauh antar grupnya dalam hubungan keluarga, ujar Hallam ( suaramedia.com )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya