Tubuh Bisa Meremajakan Diri Sendiri

Organ Tubuh pun Meremajakan Diri
quantumhealthcelebrations.com


Organ Tubuh pun Meremajakan Diri. Banyak orang takut mengalami penuaan. Tahukah Anda, berapa pun usia Anda, beberapa bagian tubuh akan tetap muda, masih berusia beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Hal ini karena organ tubuh tersebut memperbaharui diri terus-menerus. Bagaimana prosesnya? Berikut uraiannya untuk Anda.
  



Usia hati: 5 bulan

Hati sangat terkenal karena kemampuannya memperbaiki diri, hal ini karena hati kaya suplai darah. Artinya, hati bisa terus bekerja megeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mungkin Anda heran mengapa peminum berat sekali pun kadang-kadang masih bisa memperbaiki hati mereka. Hal ini karena sel-sel hati hanya mempunyai angka harapan hidup sepanjang 150 hari."Saya bisa mengambil 70% dari hati pasien melalui operasi dan sekitar 90% akan tumbuh kembali dalam waktu 2 bulan," terang David Lloyd, seorang konsultan operasi hati dari Leicester Royal Infirmary


Akan tetapi, pada peminum berat, sel-sel parenchymal (sel-sel utama hati) bisa mengalami kerusakan berat yang akhirnya akan membentuk bekas luka di jaringan (kondisi ini dikenal dengan sirosis). Jadi, meskipun hati bisa memperbaiki dirinya sendiri, kerusakan seringkali permanen dan fatal dengan adanya sirosis.

Usia Perasa pada lidah: 10 hari

Menurut Profesor Damian Walmsley, seorang penasihat ilmiah dari British Dental Association, lidah ditutupi sekitar 9.000 perasa yang membantu mendeteksi rasa manis, asin, pahit atau asam. Perasa lidah in sendiri merupakan kumpulan dari sel-sel pada permukaan lidah, masing-masing mengandung sekitar 50 sel perasa. Perasa lidah ini akan memperbaiki diri mereka sendiri setiap 10 hari hingga 2 minggu sekali.

Akan tetapi, segala sesuatu yang bisa menyebabkan peradangan, seperti infeksi atau merokok, bisa merusak perasa lidah dan mengganggu kemampuan mereka dalam memperbaiki diri, sehingga melemahkan kepekaan perasa.

Usia otak: Sama dengan usia Anda

Menurut konsultan bedah saraf dari Barts and the London Hospital John Wadley, sebagian besar dari sel-sel yang akan bertahan sepanjang hidup ditemukan di otak."Kita lahir dengan semua sel-sel otak, sekitar 100 milyar dan kita akan selalu memilikinya karena sebagian besar otak tidak melakukan regenerasi."

Pada faktanya, Anda justru kehilangan sel-sel, yang merupakan penyebab kepikunan dan mengapa cidera kepala bisa sangat berbahaya. Akan tetapi, terang Wadley, ada dua bagian otak yang beregenerasi, yaitu olfactory bulb (yang berkaitan dengan indra perasa) dan hippocampus (area belajar).

Usia jantung : 20 tahun

Sebelumnya, jantung diyakini tidak bisa meremajakan diri. Akan tetapi, sebuah studi dari New York Medical College menemukan, jantung sebenarnya dilengkapi dengan stem cells yang secara konstan meremajakan diri, paling tidak 3 atau 4 kali sepanjang hidup.

Usia paru-paru: 2-3 minggu

Menurut Dr Keith Prowse, wakil presiden British Lung Foundation, sel-sel di paru-paru akan memperbaharui diri secara konstan. Akan tetapi, paru-paru mengandung sel-sel berbeda yang akan memperbaharui diri dengan kecepatan yang berbeda. 
 

Alveoli atau sel-sel kantong udara (yang diperlukan untuk pertukaran oksigen dan gas) mengalami proses regenerasi yang lambat, memerlukan waktu sekitar 1 tahun. Sedang sel-sel di permukaan paru-paru harus memperbaharui diri setiap 2 atau 3 minggu. "Ini merupakan lapisan pertahanan pertama paru-paru, jadi harus memperbaiki diri dengan cepat," tutur Prowse.

Penyakit pembengkakan paru-paru (emphysema) bisa mencegah regenerasi karena dimulai dengan kerusakan alveoli, yang menciptakan lubang permanen di dinding paru-paru. 
[ mediaindonesia.com ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya

Apa Keunggulan Ikan Cupang ... ???