Selamat Tinggal dan Terimakasih Geocities


Selamat Tinggal dan Terimakasih Geocities. Dengan ditutupnya Geocities salah satu sejarah dunia internet akan hilang untuk selamanya.

Setelah beberapa situs populer tutup layanan, Yahoo mengumumkan 23 April lalu bahwa mereka akan menyudahi fasilitas gratis Geocities. Setelah itu, Yahoo sebagai pemilik akan menutup secara permanen layanan tersebut 26 Oktober 2009.

Geocities, salah satu situs yang memberikan hosting gratis berdiri 1994 silam. Dalam layanan itu, setiap user bebas meng-upload file homepagenya dan langsung bisa diakses.

Selain itu, Geocities juga menjadi situs hosting gratis pertama yang membebaskan penggunanya untuk bebas memilih kategori situs yang akan dibuat.

Namun seiring berkibarnya nama Geocities di Internet, beberapa situs hosting gratis pun bertebaran dan perkembangannya pun terbilang kompleks.





Yahoo! GeoCities (yahoo.com)



 

Akan tetapi masalah itu terselesaikan ketika di tahun 1999, Yahoo mengakuisisinya dengan membeli sahamnya sebesar $3.57 miliar (Rp. 29 triliun) dan persaingan pun semakin meluas.

Usai resmi menjadi bagian dari Yahoo, para pemilik email Yahoo pun bisa memanfaatkan layanan ini dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, bisa dibilang, pengguna Yahoo mayoritas memiliki homepage pribadi.

Meski begitu, persaingan bisnis tetap terjadi, tepat 23 April lalu, pihak Yahoo secara resmi mengumumkan untuk menutup fasilitasnya tersebut. Termasuk menutup pendaftaran untuk pengguna baru. Untuk menuntaskannya, pada 26 Oktober 2009 besok, semua file yang di upload user akan di hapus secara total.

Adalah Jason Scott, salah satu karyawan Yahoo yang bertugas mem-back-up data yang mengaku tidak kenal lelah menyelamatkan file user yang mencapai 10 Terabyte.

“Untuk ratusan orang, ini adalah situs pertama mereka,” kata Scott, seperti VIVAnews kutip dari Neowin, 25 Oktober 2009. “Subyek favorit, teori konspirasi atau koleksi tulisan yang pernah dibuat seputar Windows 3.1, menjadi sesuatu yang bisa disampaikan pada pengguna internet lainnya. Hanya dengan memberikan URL, mereka bisa melihat semua harta benda Anda,” ucapnya.

Dengan ditutupnya Geocities, salah satu sejarah dunia internet akan hilang untuk selamanya. [ vivanews.com ]

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya