Hak Orang Miskin Dialihkan Kepada Orang Kaya

Hak Orang Miskin Dialihkan Kepada Orang Kaya. Subsidi Minyak Tanah akan Dialihkan untuk Premium. Pemerintah berencana mengalihkan subsidi untuk minyak tanah ke bahan bakar premium.

"Alasan usulan tersebut karena konsumsi premium pada tahun ini diperkirakan melebihi dari kuota yang ditetapkan. Sedangkan konsumsi minyak tanah lebih kecil, akibat adanya program konversi minyak tanah ke elpiji tiga kilogram (3 kg)," kata Anggota Komite BPH Migas Adi Subagyo di Jakarta, Jumat (30/10).

Menurut Adi, skema pengalihan tersebut akan tetap mengacu alokasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang ditetapkan dalam APBN Perubahan 2009 sebesar Rp54,3 triliun. "Tidak akan melebihi alokasi subsidi dalam APBN-P," ujarnya.
 

 
Subsidi Minyak Tanah akan Dialihkan untuk Premium
MI/Sumaryanto

Sejak dilakukan program konversi minyak tanah ke elpiji,konsumsi maupun pendistribusian minyak tanah bersubsidi berkurang. Pada 2008 program konversi berhasil mengkonversi minyak tanah ke elpiji sebesar 2,069 juta kiloliter (kl). Sedangkan tahun ini penarikan minyak tanah ditargetkan 1,5 juta kl dan pada 2010 sebesar 7,9 juta kl.

Hingga akhir 2009 diperkirakan konsumsi premium mencapai 20,8 juta kl atau melebihi kuota 7,25%. Konsumsi solar sebanyak 11,7 juta kl atau melebihi kuota 1,25%.

Sementara itu, konsumsi minyak tanah mengalami penurunan konsumsi seiring dengan program konversi minyak tanah ke elpiji. Konsumsi minyak tanah 14,85% di bawah kuota atau sekitar 4,9 juta kl.

"Melonjaknya konsumsi premium akibat naiknya jumlah kendaraan bermotor yang sangat signifikan," kata Adi.

Data BPH Migas menunjukkan kuota BBM PSO 2009 jenis premium sebanyak 19.444.354 kl, minyak tanah 5.804.911 kl, dan solar sebanyak 11.605.183 kl. [ mediaindonesia.com ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Nikotin Sebagai Obat, Manfaat Dan Bahayanya

Seks sesama jenis antar betina bukan hal yang langka pada Bonobo

Mengenali Gejala Kerusakan Mobil Yang Umum Dan Penyebabnya